Presiden Joko Widodo (kanan) mengikuti sesi pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu, 2 November 2019. Jokowi juga memiliki agenda untuk mengadakan pertemuan bilateral bersama beberapa negara sahabat seperti Selandia Baru, Australia, India, Jepang serta Sekjen PBB. BPMI/Kris

MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus korona Cina tidak bisa diremehkan lagi karena sudah dinyatakan bermutasi dan berkembang dengan cepat. WHO seperti dilansir voa memperkirakan bakal meluas di Cina maupun negara lain, termasuk dua negara ASEAN sehingga Indonesia harus waspada.

Hanya dalam waktu beberapa hari bahkan korbannya meningkat dua kali lipat dari empat orang menjadi sembilan orang meninggal dunia. Sedangkan mereka yang terjangkit pun meningkat dua kali lipat dari 200 orang beberapa hari lalu, Rabu ini dinyatakan 440 orang terpapar virus tersebut.

Beberapa negara yang dikabarkan telah ditemukan orang yang terjangkit virus korona antara lain;

1. Thailand
Lima orang dikabarkan terinfeksi virus korona salah satunya adalah seorang perempuan berusia 74 tahun. Perempuan itu diketahui saat melalui pemeriksaan di Bandara Suvarnabhumi pada 13 Januari lalu.

Kementerian Kesehatan Thailand langsung membawa perempuan yang baru dari Wuhan Cina itu ke rumah sakit dan didiagnosis menderita pneumonia misterius akibat virus korona. Namun, nenek itu dinyatakan pulih seperti sediakala.

Selain perempuan itu otoritas Thailand juga mengarantina empat lainnya, termasuk seorang warga Thailand.

2. Filipina
Seorang bocah lelaki berusia lima tahun di Filipina positif terjangkit virus korona. Anak itu baru saja tiba dari Wuhan, Cina bagian tengah.

Menteri Kesehatan Filipina Francisco Duque menyatakan virus tersebut belum bisa memastikan sebagai virus baru. Pemerintah kini sedang menunggu hasil sampel yang sudah diuji di Australia.

Bocah itu mendarat di Kota Cebu, Filipina Tengah pada 12 Januari 2020 bersama ibunya. Beberapa jam kemudian langsung dikarantina di sebuah rumah sakit karena mengalami gejala flu disertai demam dan iritasi tenggorokan dan batuk.

3. Jepang
Seorang laki-laki di Jepang berusia 30-an juga dikonfirmasi terinfeksi virus korona, kini sudah dirawat di rumah sakit dan kondisinya membaik pada 15 Januari lalu.

4. Korea Selatan
Seorang perempuan berusia 35 tahun terbang dari Wuhan ke Incheon, Korea Selatan pada 19 Januari lalu. Dia langsung diisolasi karena memiliki gejala demam tinggi.

5. Taiwan
Seorang perempuan 50-an tahun dinyatakan terinfeksi virus korona setelah pulang bekerja dari Wuhan.

6. Amerika Serikat
Amerika Serikat mengkonfirmasi salah satu warganya positif terjangkit virus korona. Pasien berusia 30 tahun itu dari Snohomish County. Kepala Pusat Imunisasi dan Penyakit Pernapasan Nasional CDC, Dr. Nancy Messonnier menyatakan, pasien berada dalam kondisi baik dan masih harus dirawat sebagai bentuk kewaspadaan.

7. Macau
Otoritas Macau juga mengkonfirmasi salah satu warganya terinfeksi virus korona setelah mengunjungi Wuhan dan tiba di negara kecil itu 19 Januari lalu.

Dokter Lei Chin-ion, Direktur Biro Kesehatan Macau, menyatakan perempuan 52 tahun tersebut sempat mengunjungi Cina minggu lalu dan sempat memeriksakan diri ke rumah sakit pada Selasa 21 Januari 2020 dan positif terinfeksi virus tersebut. Perempuan itu mengalami napas pendek, kesulitan bernapas, batuk dan demam. (Tria Mayang Sari)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here