Pengamat: Presiden Sudah Berikan Perhatian Besar pada Papua
Papua. (Foto: Ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mendengar aspirasi masyarakat asli Papua penting supaya pembangunan berjalan efektif. Maka selama prosesnya harus menyesuaikan dari sisi atau perspektif masyarakat asli yang ada di sana. Juru Bicara Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi juga mengingatkan supaya pembangunan tidak hanya dilihar dari sisi Jakarta saja.

“Ada tempat aspiratif lah saya kira, jangan sampai melakukan pembangunan tetapi pembangunannya itu dilihat hanya dari sisi Jakarta, jadi pembangunan itu harus dilihat dari sisi saudara kita yang dari Papua. Apa yang jadi kebutuhan dasar bagi orang-orang Papua,” kata Masduki, Kamis 22 April 2021.

Selain itu, Ma’ruf melalui juru bicaranya menegaskan agar persoalan yang tengah terjadi di Papua bisa diselesaikan dengan baik. Tujuannya agar pembangunan kesejahteraan bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Papua.

“Adapun hal yang mengganggu keamanan saya kira tidak hanya Papua, Jakarta pun di daerah mana pun yang ganggu keamanan juga harus diamankan, kan seperti itu,” kata Masduki.

Masduki juga menegaskan bahwa Ma’ruf selalu rutin memantau kondisi dan situasi yang tengah terjadi di Papua. Tokoh-tokoh Papua serta warga pun juga diterima oleh Ma’ruf untuk berdiskusi terkait kondisi yang terjadi di Papua saat ini.

“Wapres memantau dengan aktif perkembangan Papua, banyak sekali saudara-saudara kita dari Papua datang ke Wapres ya,” kata Masduki.

Hingga saat ini pun, evaluasi terhadap perencanaan pembangunan di Papua masih terus dilakukan. Salah satunya melalui masukan atau aspirasi masyarakat Papua. Hal ini penting untuk memastikan perencanaan pembangunan sejalan dengan keinginan masyarakat asli di sana.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here