Asik, Mulai Oktober Tak Perlu Unduh Aplikasi Peduli Lindungi, Cukup Pakai NIK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masyarakat tidak perlu repot lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk beraktivitas karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai Oktober 2021 mengintegrasikannya dengan berbagai aplikasi yang sudah ada.

Bahkan hanya membutuhkan nomor induk kepegawaian (NIK) untuk menggunakannya.

Jadi, kata Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, mereka yang tidak memiliki telepon seluler pintar tetap bisa melakukan perjalanan udara, kereta api dan kegiatan lainnya.

Status tes swab PCR, antigen maupun sertifikat vaksinnya langsung diketahui dari NIK saat mereka membeli tiket.

“Sudah kami berlakukan di bandara, misalnya di bandara itu bahkan di tiket sudah kita integrasikan. Kalau naik kereta api itu sudah tervalidasi pada saat pesan tiket, sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya (PCR atau antigen),” ujar Setiaji yang dikutip Senin 27 September 2021.

Sementara itu, bagi tempat yang tidak terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa memeriksanya secara mandiri di aplikasi PeduliLindungi.

Caranya dengan memasukkan NIK dan langsung muncul bahwa yang bersangkutan statusnya layak atau tidak untuk masuk ke tempat tersebut.

Selain itu, aplikasi PeduliLindungi banyak sekali keterkaitannya, seperti dengan hasil tes, hasil tracing kontak erat, dengan telemedicine sehingga bisa mendapatkan layanan obat gratis. Kemudian aplikasi PeduliLindungi juga akan diintegrasikan dengan sistem karantina.

Setiaji mengatakan saat ini Kementerian Kesehatan sudah berkoordinasi dengan platform-platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, Link Aja, bahkan ada juga aplikasi dari Pemerintah Jakarta yaitu Jaki.

Jadi masyarakat tidak harus menggunakan PeduliLindungi tetapi bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi pada aplikasi tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini