ASEAN Kompak Perkuat Integrasi Ekonomi Gunakan Teknologi 4.0

Baca Juga

MINEWS.ID, BANGKOK – Negara-negara anggota ASEAN kompak memanfaatkan teknologi Industri 4.0 untuk memperkuat integrasi ekonomi di kawasan. Kesepakatan itu diperoleh dalam Pertemuan Tingkat Menteri atau ASEAN Economic Ministers(AEM) ke-51 di Bangkok, Thailand, Jumat 6 September 2019.

Pertemuan itu juga menjadi bagian dari rangkaian 51st AEM Meeting and Related Meetings yang berlangsung dari 5 September hingga 10 September 2019.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa kesepakatan tersebut dijalankan dengan mengadopsi empat prioritas capaian ASEAN yang bertujuan mendukung kesiapan negara anggota dalam menghadapi era revolusi yang berbasis teknologi ini.

Adapun keempat prioritas tersebut yaitu ASEAN Digital Integration Framework Action Plan (DIFAP), Guideline on Skilled Labour/Professional Services Development in Response to The Fourth Industrial Revolution (4IR), Asean Declaration on Industrial Transformation to Industry 4.0, dan Policy Guideline on Digitalisation of Asean Micro Enterprises.

“Saya sangat mengapresiasi pengadopsian keempat dokumen tersebut. Ini menunjukkan semakin berkembangnya arah kerja sama regional,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Mata Indonesia News, Sabtu 7 September 2019.

Selain itu, kata Enggar, kebijakan itu menunjukkan upaya Asean beradaptasi dengan kebutuhan zaman guna mempersiapkan kapasitas sumber daya manusia, industri, serta usaha kecil dan menengah (UKM) agar siap dan tanggap dalam menghadapi tantangan di era perdagangan digital.

Pada pertemuan tersebut, para Menteri juga mengkaji kembali implementasi Cetak Biru Masyarakat Ekonomi Asean atau Asean Economic Community/AEC Blueprint) 2025, termasuk capaian atas 13 hasil ekonomi prioritas di bawah kepemimpinan Thailand di Asean pada 2019, serta sejumlah hubungan ekonomi eksternal Asean.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini