AS Sebut Cina Bertindak Agresif dan Represif

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken mengatakan bahwa Cina bertindak agresif dan represif. Hal ini menyusul tindakan Beijing di Laut Cina Timur dan Selatan di mana Cina memiliki perselisihan teritorial dengan Jepang dan negara-negara di Asia lainnya.

Blinken mengunjungi Jepang dan Korea Selatan bersama dengan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin dalam upaya memperkuat aliansi Washington di Asia, dalam perjalanan luar negeri pertama oleh anggota tingkat atas pemerintahan Presiden Joe Biden.

Klaim teritorial Beijing yang luas di Laut China Timur dan Selatan telah menjadi masalah prioritas dalam hubungan Beijing-Washington yang semakin sulit dan merupakan masalah keamanan penting bagi Negeri Sakura.

“Beijing bertindak lebih represif di dalam negeri dan lebih agresif di luar negeri, termasuk di Laut Cina Timur, termasuk yang berkaitan dengan Senkakus, serta laut Cina Selatan dan juga sehubungan dengan Taiwan,” sambung Blinken.

Statement tersebut menggemakan pernyataan yang dikeluarkan oleh Blinken, Austin, dan rekan mereka di Jepang setelah pembicaraan “2 + 2” yang diadakan di Tokyo pada Selasa (16/3).

“Kami menantikan kesempatan untuk menjelaskan dengan sangat jelas kepada mitra Cina mengenai beberapa kekhawatiran yang kami miliki tentang tindakan yang mereka ambil,” tuntas Blinken.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini