AS-Jepang Sepakat Bersatu Lawan Cina, Bakal Perang?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sambutan Presiden Amerika Serikat Joe Biden atas kedatangan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Gedung Putih, Jumat 16 April 2021, membawa kesepakatan baru antara kedua negara.

Biden menyebut, AS dan Jepang sama-sama akan bergerak mengambil langkah yang tegas untuk melawan Cina.

“Kami akan bekerja sama untuk membuktikan bahwa demokrasi masih dapat bersaing dan menang di abad ke-21. Kami berkomitmen untuk bekerja sama menghadapi tantangan dari Cina dan masalah-masalah seperti Laut Cina Timur, Laut Cina Selatan, serta Korea Utara,” kata Biden, seperti dikutip dari AFP, Sabtu 17 April.

Sementara Suga menyebut, kedua negara akan menegaskan kembali Perjanjian Keamanan AS-Jepang yang mencakup perairan Senkaku, yang merupakan wilayah kekuasaan Negeri Sakura.

Wilayah tersebut, sebelumnya sempat diklaim oleh Cina sebagai bagian dari kedaulatan negara mereka.

“Kami setuju untuk menentang segala upaya untuk mengubah status quo dengan kekerasan atau paksaan di laut Cina Timur dan Selatan dan intimidasi terhadap orang lain di kawasan itu. Kebebasan, demokrasi, hak asasi manusia dan supremasi hukum adalah nilai-nilai universal yang menghubungkan aliansi kita,” ujar Suga.

Suga juga menyebut AS menyatakan perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan sangat penting setelah Cina meningkatkan aktivitas udara di lokasi tersebut.

Kemudian, kesepakatan juga meliputi aksi nyata dalam penanganan perubahan iklim global. Dalam waktu dekat, baik AS dan Jepang akan sama-sama mengumumkan arah tujuan perubahan iklim untuk 2030.

Jepang bersama AS juga menyetujui anggaran 2 miliar dolar AS untuk pengembangan jaringan internet 5G, sebagai upaya bersaing terhadap Cina, yang sudah mencuri start lebih awal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini