Kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu 1 Juni 2019. Pada puncak arus mudik lebaran 2019 yang diperkirakan pada H-4 lebaran, sejumlah titik di Tol Jakarta-Cikampek-Cipali mengalami kepadatan volume kendaraan pemudik. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi mudik

MINEWS.ID, JAKARTA – Padatnya kendaraan pada arus balik lebaran yang melintasi ruas tol Jakarta – Cikampek membuat Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy melakukan diskresi pemberlakukan sistem satu arah (One Way) dari Cikampek Utara.

“Jadi malam ini kita memberlakukan one way, mulai dari Cikampek Utara sampai dengan ke Jakarta. Nanti gerbang tol kendaraan dari Cikampek Utara, Cibatu dan Cikarang Pusat kita tutup,” kata Gatot di KM 29, Jawa Barat, Sabtu 8 Juni 2019.

Pemberlakuan sistem itu setelah ruas Pantura masih memadai untuk menampung arus kendaraan dari barat ke timur Jawa.

Menurut Gatot, di sejumlah ruas tol daerah Jawa saat ini kondisinya padat sehingga sistem tersebut mau tidak mau harus diterapkan.

Penerapan sistem tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jika arus kendaraan sudah mulai mencair mungkin one way akan dihentikan.

Gatot juga menegaskan sampai saat ini tidak ada kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalan tol yang akan diberlakukan one way.