Apakah di Indonesia Ada Fans Dortmund?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Borussia Dortmund merupakan salah satu klub sepak bola asal Jerman. Lalu, apakah di Indonesia ada penggemar Borussia Dortmund?

Meski tak sebesar Manchester United, Barcelona, atau Real Madrid, fans Dortmund di Indonesia cukup banyak. Indonesia adalah negara dengan fans klub Dortmund terbesar di Asia Tenggara. Fans klub yang ada di Indonesia adalah Borussia Dortmund Fan Club Indonesia (BDFCI).

Fans klub ini berdiri pada tanggal 1 Mei 2012 yang didirikan oleh Eddy Chandra. Visi terbentuknya fans club ini menjadikan wadah untuk penggemar klub serta menyatukan para pecinta Dortmund di Indonesia.

Penggemar Dortmund di Indonesia sangat beragam, mulai dari usia, gender dan profesi. Anggota fans klub ini dimulai dari usia 17 tahun hingga 40 tahun ke atas. Profesi mereka terdiri dari pelajar, pengusaha, petani dan masih banyak lagi.

Yang membedakan Dortmund dengan klub lain menurut salah satu perwakilan BDFCI adalah, mereka berusaha menjadi organisasi penggemar dari Borussia Dortmund seluruh Indonesia melalui seluruh cabang BDFCI. Hal inilah yang berbeda dengan klub penggemar Dortmund yang berada di Jerman atau Eropa. Klub penggemar di sana terkenal dengan berbagai versi masing-masing baik menurut kota atau sekelompok pertemanan saja.

Kegiatan rutin BDFCI sebelum masa pandemi Covid-19 adalah kumpul bersama, gathering nasional, nonton pertandingan bersama, fun futsal, meet & greet dengan pemain legenda Borussia Dortmund jika ada yang berkunjung ke Indonesia, seperti Karl Heinz Riedle, Jorg Heinrich, hingga undangan dari berbagai media lokal dan nasional jika ada pertandingan Dortmund.

Pada 2017 lalu, fans klub Dortmund mengundang Karl-Heinz Riedle, rekan seangkatan Heinrich. Selain memenuhi permintaan dari fans agar bertemu dan ingin lebih dekat secara langsung dengan pemain Dortmund, kedatangan legenda juga merupakan bagian dari strategi untuk melebarkan sayap BDFCI di Indonesia. Dengan berkembangnya BDFCI, otomatis pusat akan melirik peluang pasar yang bagus di Indonesia.

Dengan tersedianya wadah bagi fans Dortmund di Indonesia, perlahan-lahan BDFCI mulai memancarkan pesona eksistensinya. Tapi, mereka harus bekerja keras lagi agar Dortmund bersedia melakukan ekspansi market di wilayah Asia, khususnya Indonesia. Jika kamu seorang fans dari Borussia Dortmund, kamu dapat bergabung dengan BDFCI.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini