Apa Sih Itu Pandemi Corona?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan secara resmi bahwa virus corona yang menggila di seluruh dunia adalah sebuah pandemi.

Pertanyaannya, apa sih itu pandemi? Kenapa corona harus dinyatakan sebagai pandemi?

WHO sempat menghindari penggunaan kata ‘pandemi’, karena khawatir masyarakat dunia panik dan memunculkan ketakutan-ketakutan yang tak diinginkan. Namun, karena wabah semakin meluas, WHO tak punya pilihan lain selain harus menyatakan corona sebagai pandemi global.

WHO berharap negara-negara lain bisa lebih agresif dalam mengambil tindakan pencegahan dan perawatan. Jika pemerintah bisa dengan cepat melacak, mendeteksi, menguji, merawat, dan mengisolasi orang-orang yang disinyalir terinfeksi Covid-19, diharapkan dapat menghentikan penyebaran, sehingga pemerintah dan tim medis terfokus pada penanganan dan perawatan mereka yang terinfeksi saja.

Namun, sebagai catatan, WHO meminta kepada seluruh pemerintah negara agar dapat meredam ketakutan masyarakat dengan penanganan yang ampuh dan kondusif. WHO menekankan pentingnya untuk tetap tenang dan tidak panik di situasi saat ini.

Untuk diketahui, pandemi terakhir yang terjadi secara global adalah flu H1N1 pada tahun 2009, yang menewaskan ratusan ribu orang. H1N1 pertama kali terdeteksi di Amerika Serikat yang kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini