Apa Sih Arti Eid Mubarak? Ini Jawabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika kita membaca atau mendengarkan berita televisi internasional saat Idul Fitri sering diucapkan kata “Eid Mubarak.” Apa sih artinya?

Jadi kata itu ternyata memiliki arti yang sama dengan ucapan Idul Fitri. Kata itu lebih sering diucapkan dalam pergaulan internasional.

Eid Mubarak merupakan ungkapan bahasa Arab yang lazim diucapkan pada perayaan hari lebaran.

Secara harfiah Eid Mubarak terdiri dari dua kata Eid dan Mubarak. Eid atau aidul berarti hari raya, sedangkan Mubarak mempunyai arti diberkahi.

Jadi secara keseluruhan Eid Mubarak artinya selamat merayakan hari raya yang diberkahi oleh Allah SWT. Atau bisa juga diartikan kira-kira seperti ini “Selamat Hari Raya Idul Fitri untukmu.”

Nah, sekarang bagaimana kamu harus menjawab, jika mendapat ucapan itu? Di India, ucapan itu akan dibalas dengan “khair mubarak” yang berarti “Baik selamat hari bahagia untuk mu.”

Sedangkan di Arab, biasanya membalas dengan ucapan “Eid saeed lakum ‘aydaan”, yang artinya kira-kira “Selamat Hari Raya Idul Fitri juga untukmu”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini