Antisipasi Naiknya Jumlah Penumpang Jelang Nataru, PT KAI Daop 1 Tambah Sejumlah Fasilitas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang menjelang Natal dan Tahun baru, PT KAI Daop 1 akan meningkatkan beberapa sarana dan prasarana. Di antaranya melalui pengoperasian 13 Kereta Api (KA) tambahan. Dengan pembagian 8 KA keberangkatan Stasiun Gambir, dan 5 KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen.

“Pengoperasian kereta Nataru ini akan ditetapkan selama 18 hari, yaitu mulai dari tanggal 19 Desember hingga 5 Januari.”, ujar Senior Manager Humasda PT. KAI Daop 1 Eva Chairunisa di Kantornya, Cikini, Jakarta tanggal 18 Desember 2019.

Kata Eva, dalam jangka waktu tersebut terdapat ketersediaan bangku sebanyak 847.586. Jumlah ini meningkat sekitar 8 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 784.014. Hal ini disesuaikan dengan prediksi kenaikan jumlah penumpang sebanyak 7 persen yaitu dari 1.254.307 menjadi 1.347.763.

Selain menambah kapasitas angkut, PT KAI Daop 1 juga melakukan penambahan seperti petugas keamanan sebanyak 1.333 personel. Di mana 1.069 merupakan personel internal. Sedangkan 264 lainnya merupakan personil tambahan dari TNI/POLRI.

“Terdapat pula sekitar 6 ekor anjing pelacak yang akan ditempatkan 3 di Stasiun Gambir, 3 di Stasiun Pasar Senen,” kata Eva.

PT KAI Daop 1 juga telah menyiapkan 32 TIM medis yang tersebar di 5 pos kesehatan. Pos kesehatan tersebut terdapat di stasiun Pasar Senen, Gambir, Sukabumi, dan Cikampek.

Dengan naiknya grafik perjalanan, maka PT KAI Daop 1 juga meningkatkan jumlah petugas ekstra sebanyak 179 personel untuk mengawasi 237 titik rawan, seperti daerah rawan longsor, rawan pelemparan, dan perlintasan liar yang masih sering dijumpai.

Tak hanya itu, peningkatan pelayanan pun terjadi di area stasiun. Terdapat hall di zona 3 Stasiun Pasar Senen yang berukuran 1.700 m2 dengan kapasitas 700 tempat duduk. Selain itu, disediakan juga kursi tunggu di area setelah boarding gate dengan kapasitas 92 kursi, serta terdapat pula area ramah anak.

“Di Stasiun Gambir pun turut menyediakan sebuah Co-Working space, Hall bernuansa taman, area bermain anak, hingga spot photo booth yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang yang tengah menunggu keberangkatan kereta,” ujar Eva.

Lalu untuk biaya tiket kereta, Eva mengatakan, tidak ada kenaikan tarif pada nataru tahun ini. Harga akan tetap normal seperti pada hari-hari di luar nataru. (Marizke)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini