Antisipasi Corona, Jokowi Gelar Sidang Kabinet secara Daring

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sidang Kabinet yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, 16 Maret 2020 digelar secara daring.

“Kami menggunakan fasilitas video conference untuk berkomunikasi dengan para menteri untuk mendengar laporan setiap kementerian yang biasa dilakukan langsung di Kantor Presiden,” ujar Jubir Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia lewat keterangan resminya Senin siang.

Adapun agenda utama dalam sidang kali ini adalah membahas percepatan penanganan wabah corona (covid-19) dan menjaga stabilitas ekonomi nasional ditengah upaya menekan serta mencegah persebaran virus corona (SARS-CoV-2).

Hal ini merupakan bagian dari penerapan imbauan presiden baru-baru ini soal pencegahan wabah corona. Jokowi meminta pejabat pemerintahan dan warga untuk mengurangi aktivitas di luar jika tidak dalam keadaan mendesak. Kegiatan bisa dimaksimalkan dengan menggunakan gawai yang terkoneksi dengan jaringan internet untuk terhubung dengan dunia luar.

“Pengurangan aktivitas di luar dapat membantu kita untuk meminimalkan potensi sebaran virus yang diakibatkan dari interaksi langsung antar sesama warga,” kata Angkie.

Sejalan dengan instruksi presiden, para menteri juga menjalankan skema komunikasi daring dengan seluruh jajaran di lingkungan kementerian. Ini menjadi salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam menangani dan mencegah covid-19 sejak dini.

Selain itu, pemerintah melalui Keputusan Presiden, nomor 7/2020 telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tim yang diketuai oleh Kepala BNPB Dony Munardo diharapkan mampu melakukan akselerasi dalam menangani virus dengan tipe zoonosis ini di seluruh wilayah Indonesia.

“Segala sesuatu terkait status covid-19 di setiap wilayah, pemerintah daerah dapat mengonsultasikan dengan BNPB, sehingga langkah yang diambil dan kebijakan yang diputuskan tepat serta terukur,” kata Angkie.

Ke depannya, pemerintah pusat akan terus melakukan pemantauan langsung dan bila memungkinkan akan diambil keputusan strategis. Keputusan ini akan disesuaikan dengan kondisi suatu wilayah terkait pewabahan pandemi covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini