Anies: Juni 2019 Bus Listrik TransJakarta Siap Mengaspal

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bus listrik TransJakarta saat ini belum bisa beroperasi karena masih menunggu proses administrasi. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin 29 April 2019.

Mantan Menteri Pendidikan ini, menargetkan bus tersebut bisa mengaspal dan melayani penumpang pada Juni 2019.

“Mudah-mudahan bulan Juni-Juli itu selesai. Kemudian bisa beroperasional,” kata Anies seusai uji coba bus listrik TransJ di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Anies mengatakan usai perizinan selesai, nantinya bus akan dioperasikan terlebih dahulu di sekitar kawasan Monas. Dia menuturkan akan ada penambahan bus bila uji coba berhasil.

“Nanti akan beroperasi dulu sementara melayani sekitar Monas sebagai eksibisi. Jadi semua orang bisa mencoba dan merasakan,” katanya.

Sementara itu, Dirut TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan ada dua perusahaan yang bus listriknya sedang diuji coba. Satu perusahaan dari China yaitu BYD dan Mobil Anak Bangsa yang berasal dari Indonesia.

“Kami menginginkan kualitas yang baik tapi juga mendukung pengembangan industri dalam negeri yang memenuhi standar-standar yang tentunya kita tetapkan,” katanya.

Agung mengatakan operasional bus listrik akan dilelang ke lima operator. Operator akan melakukan pengoperasian bus dengan skema yang sama seperti JakLingko.

“Nantinya mereka yang akan mengoperasikan dan TransJakarta membayar layanan para operator itu seperti dengan skema JakLingko yang selama ini berjalan di mana kita membayar rupiah per kilometer,” katanya.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini