Angkasa Pura II Bongkar Rahasia Bertahan saat Dihantam Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Direktur Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaludin mengungkapkan rahasia, bagaimana bisnis perusahaan pelat merah ini bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Ia mengakui, industri penerbangan cukup terpukul akibat hantaman virus asal Cina tersebut. Namun, Awal menegaskan, AP II tidak bisa diam saja.

“Karena kalau kita diam dengan situasi hantaman yang sangat keras seperti ini kita hanya bisa menunggu nasib. Tapi yang kita lakukan dengan berbagai kiat-kiat bisnisnya,” kata Awaludin dalam sebuah dialog, Kamis 1 Oktober 2020.

Awaludin berkata, kuncinya adalah dengan tetap konsisten untuk berinovasi dengan mengembangkan tiga hal paling penting.

Pertama, optimalisasi infrastruktur untuk fasilitas bandara. Artinya, saat penumpang pesawat rendah, pihaknya hanya membuka 4 sub terminal sebagai langkah penghematan.

“Kalau saya sebut dalam angka, sejak Januari dengan kondisi saat ini cost-leadership kita per September kini kita bisa menyimpan kurang lebih sekitar Rp 1,7 triliun-Rp 1,8 triliun yang bisa kita saving dari alokasi. Ini yang mana disebut bagian dari bagian cost leadership kita,” ujarnya.

Kedua, adalah AP II tetap melakukan penghematan belanja modal atau capex, dengan penyesuaian dan penyelesaian yang tak tanggung-tanggung. Saat ini capex 2020 kurang lebih Rp 7,8 triliun menjadi Rp 712 miliar saja.

“Kita lakukan lakukan capex efisiensi, kita lakukan pengurangan dan hampir 90 persen lebih sehingga kita hanya lakukan tahun ini hanya sekitar RP 712 miliar saja, yang kita fokuskan di situ capex-capex yang multi years yang memang harus jalan dari periode tahun sebelumnya,” kata Awaludin.

Terakhir, yang ketiga yaitu Angkasa Pura II menjaga dan memonitor cash flow. Sebab, penjagaan cash flow selama pandemi ini merupakan suatu hal wajib.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini