Jumat, September 17, 2021

“Amerika Serikat adalah Ibu dari Terorisme”

Baca Juga

MATAINDONESIA, INTERNASIONAL –  Puluhan ribu warga Yaman berbaris di Sanaa mengindahkan seruan gerakan Houthi –yang mendapat dukungan Iran, untuk mengutuk Amerika Serikat (AS) karena label organisasi teroris. Para warga juga mendukung koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang tengah berperang.

Para demonstran memadati jalanan ibu kota yang dikuasai Houthi. Mayoritas demonstran memegang spanduk bertuliskan “Amerika adalah ibu dari terorisme”.

Diketahui, beberapa hari sebelum melepaskan tampuk jabatannya, Presiden Donald Trump memberi label kepada Houthi Yaman sebagai organisasi teroris asing dan mulai berlaku pada 19 Januari. Akan tetapi, hal ini masih ditinjau oleh Presiden baru AS, Joe Biden.

Banyak pejabat dan badan bantuan PBB telah menyerukan agar langkah tersebut dicabut. Mereka khawatir, keputusan Trump dapat memicu kelaparan berskala besar dan mempersulit upaya untuk mengakhiri peran yang telah menewaskan lebih dari 100 ribu orang dan menyebabkan 80% penduduk membutuhkan bantuan, khususnya makanan.

“Keputusan Amerika … tidak hanya menyangkut satu kelompok, melainkan menyangkut setiap warga Yaman. Konsekuensinya akan dirasakan semua orang Yaman,” kata pejabat Houthi, Mohammed Haidara, yang termasuk di antara para demonstran, melansir Reuters, Selasa, 26 Januari 2021.

Sebagai catatan, Yaman Utara dikuasai oleh Houthi –yang menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional dari kekuasaan di Sanaa akhir 2014, mendorong koalisi pimpinan Saudi untuk campur tangan dalam beberapa bulan terakhir.

AS dan Arab Saudi melihat gerakan Houthi sebagai perpanjangan dari pengaruh Iran. Houthi sendiri menyangkal tuduhan sebagai boneka Teheran dan mengatakan bahwa mereka memerangi sistem yang korup.

- Advertisement -spot_img

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Keluarga Bakrie dan 6 Obligor BLBI Temui Satgas

MATA INDONESIA, JAKARTA - 6 obligor atau debitur penerima dana BLBI datang ke Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI)...
- Advertisement -spot_img

Baca berita yang ini

- Advertisement -spot_img