Amankan Aksi Spider-Man, Polisi Lantas Layak Dibekali Sarung Tangan Istimewa Ini

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Peristiwa polisi spiderman terjadi lagi dan kemarin dialami Bripka Eka Setiawan dari Polsek Pasarminggu. Sebelumnya kasus itu harus dilakukan Brigadir Nathan dari Bandung, sehingga Polri harus sudah memikirkan membekali para polisi lalu lintas (Lantas) nya dengan sarung tangan hisap agar tidak membahayakan aksi polisi seperti itu.

Salah satu sarung tangan hisap dikenal dengan Gecko Gloves atau sarung tangan tokek. Dipimpin Dr. Elliot Hawkes, tim dari Stanford University mengenalkan sepasang sarung tangan agar penggunanya dapat memanjat bangunan kaca vertikal.

Memang tidak mungkin kita bisa menggunakannya untuk memanjat gedung-gedung jangkung seperti Spider-Man. Gambaran dekatnya mungkin seperti Ethan Hunt saat memanjat menara Burj Khalifa di film Mission Impossible: Ghost Protocol. Ethan yang diperankan Tom Cruise kala itu menggunakan sarung tangan canggih yang memiliki daya hisap atau daya rekat kuat sehingga bisa menahan berat tubuhnya jatuh ke lantai dasar gedung setinggi 163 lantai tersebut.

Sarung tangan Universitas Stanford tersebut berupaya memanfaatkan teknologi kaki-kaki kadal atau cicak yang di setiap jarinya memiliki struktur bergaris-garis atau disebut setae.

Di setiap setae, seperti dilansir The Guardian terdapat ratusan rambut-rambut halus bernama spatulae. Spatulae menghasil daya elektrostatis Van der Waals sehingga membuat molekul saling menarik/menempel.

Prinsip serupa diterapkan di sarung tangan unik itu. Dia memiliki tekanan adhesive sebesar 6,8 sampai 15,6 kilogram per inci persegi.

Dalam uji cobanya, tester seberat 70 kilogram bisa memanjat panel kaca setinggi 3,6 meter dengan memasangkan perangkat unik tersebut di tangan dan kakinya. Sang doktor mengerti bahwa kaki manusia mempunyai tenaga yang lebih besar dibanding tangan, jadi tim perlu mencari solusi untuk memindahkan beban dari tangan ke kaki.

Jika para polisi lalu-lintas dibekali sarung tangan itu, dipastikan akan aman jika terpaksa menjadi polisi spider-man seperti Bripka Eka dan Brigadir Nathan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini