Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp 10 Juta, Ini Syaratnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Alumni program Kartu Prakerja gelombang 1-12 bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah hingga Rp 10 juta. Bantuannya berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang bisa diakses di sejumlah bank atau lembaga pembiayaan.

Adapun bantuan diberikan kepada alumni program Prakerja gelombang 1-12 di tahun 2020 yang memilih berwirausaha setelah mengikuti pelatihan. Jumlah alumni Kartu Prakerja yang melanjutkan wirausaha setelah mengikuti pelatihan sekitar 19.500 orang. Mereka berkesempatan menerima bantuan tambahan KUR super mikro Rp 10 juta.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan bahwa data tersebut diberikan kepada Kemenko Perekonomian untuk menjadi program lanjutan.

“Data ini kami kami berikan kepada Kemenko Perekonomian untuk menjadi program lanjutan atau program graduasi bagi penerima program Kartu Prakerja setelah mereka menjadi wirausahawan,” kata Denni.

Sementara Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital Ketenagakerjaan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin menilai bahwa program lanjutan ini nantinya dapat dimanfaatkan penerima sebagai tambahan modal dalam menjalankan usahanya.

“Jika pelaku usaha dari alumni Kartu Prakerja ingin meningkatkan kualitas dan skala produksinya maka akan membutuhkan tambahan modal dan program KUR dalam hal ini bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan,” kata Rudy.

Bantuan KUR super mikro ini akan disalurkan melalui sejumlah badan pembiayaan. Salah satu bank yang memberikan fasilitas KUR super mikro adalah BRI.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menegaskan bahwa para alumni yang sesuai dengan kriteria yaitu menjalankan wirausaha, bisa mendatangi Kantor BRI terdekat untuk mengajukan pinjaman ini. Namun tidak harus offline, akses pengajuan bisa melalui online.

BRI tidak menerapkan syarat terkait pembatasan minimal waktu pendirian usaha sehingga berapa lama pun usia usahanya, tetap bisa mengajukan KUR super mikro ini.

Namun bagi yang baru mendirikan kurang dari 6 bulan, harus memenuhi salah satu syarat dari beberapa poin berikut ini.

  1. Mengikuti pendampingan
  2. Mengikuti pelatihan kewirausahaan atau lainnya
  3. Tergabung dalam kelompok usaha
  4. Memiliki anggota keluarga yang mempunyai usaha produktif dan layak.

Sementara syarat umumnya adlaah semua calon debitur harus memiliki Surat Keterangan Usaha dari kelurahan dan RT/RW, dan menyebut jenis usaha atau lama usaha yang dijalankan.

Adapun skema KUR super mikro di BRI untuk alumni Prakerja memiliki plafon sampai dengan Rp 10 juta, menerapkan suku bunga efektif 6 persen per tahun dan jangka waktu kredit maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini