Siklon Tropis Seroja
Siklon Tropis Seroja

MATA INDONESIA, JAKARTA –┬áBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebut potensi pelemahan Siklon Tropis Seroja akan terjadi dalam dua hari ke depan.

Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, siklon yang sudah memporakporandakan NTT ini mulai bergerak menjauhi Indonesia menuju Samudera Hindia sebelah barat Australia.

“Kami prediksi setelah tanggal 7 yaitu tanggal 8 sampai 9 pengaruh Siklon Seroja ini sudah semakin melemah,” kata Dwikorita, Rabu 7 April 2021.

Namun, ia tetap mengingatkan adanya potensi cuaca buruk dari pergerakan siklon tersebut di beberapa wilayah selain NTT.

“Dampak ini tidak hanya terfokus di NTT. Ini perlu ada kewaspadaan untuk di wilayah Bali, NTB, Jawa Timur, Yogyakarta dan Jawa Tengah, dari pengaruh tidak langsung siklon Seroja yang menjauh ini,” ujarnya.

Dwikora menjelaskan, prediksi dampak dari pergeseran siklon tropis pada beberapa wilayah tersebut yakni hujan sedang sampai lebat disertai kilat petir dan angin kencang.

Selain itu, Dwikora juga mengatakan dampak lainnya adalah peluang gelombang dengan ketinggian 2,5 sampai 4 meter di perairan pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terutama, di Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa hingga Bali, kemudian perairan selatan pulau Sumba hingga pulau Rote.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here