Alhamdulillah, Renovasi Masjid Istiqlal Sudah Mencapai 11 Persen

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Renovasi Masjid Istiqlal hingga kini masih terus berlanjut di bawah pengerjaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kabar terbaru, menurut Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga, progres fisik renovasi Istiqlal sudah mencapai 11 persen dan ditargetkan selesai pada Maret 2020 mendatang.

“Targetnya Maret, sehingga dapat dimanfaatkan untuk Bulan Ramadan 2020,” ujar Danis di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Renovasi Istiqlal, kata Danis, dilakukan secara paralel di dalam maupun bagian luarnya, berdasarkan permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Renovasi juga meliputi peningakatan kualitas sistem tata suara dan pencahayaan.

Perubahan yang dilakukan di bagian dalam masjid diantaranya pembersihan lantai dan dinding. Untuk daerah mihrab, akan diperbaiki tata suara, cahaya, dan udara agar lebih nyaman.

Kementerian PUPR juga melakukan penataan pada Taman Pendidikan Madrasah Istiqlal dan ruang perkantoran yang berada di basement masjid. Sementara di area luar masjid, lansekap kawasan masjid juga ditata ulang dengan penambahan tanaman dan pot bunga sehingga menambah porsi ruang terbuka hijau yang saat ini berkisar 29 persen menjadi 35 persen.

Danis menyebut, sungai yang melintas di depan masjid juga tak luput dari perbaikan. Upaya pengerukan sedimentasi dan pembuatan terasering juga telah dilakukan. Selain itu, Kementerian PUPR juga menambah kapasitas parkir berupa bangunan dua lantai yang dapat menampung dua ribu kendaraan roda empat.

Berita Terbaru

Jelang Putusan Sidang MK, Aktifis Budaya Jawa Turut Aktif Menyoroti

Mata Indonesia, Yogyakarta - Proses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terus bergulir namun dinilai sarat keberpihakan. Hal tersebut terlihat dari pemohon yang tidak diperkenankan bertanya kepada para Menteri untuk memperkuat bukti dari dalil yang diajukan dan yang boleh bertanya hanyalah Hakim.
- Advertisement -

Baca berita yang ini