Home Headline Alhamdulillah, Mutasi Corona B1617 Dipastikan Belum Masuk Indonesia

Alhamdulillah, Mutasi Corona B1617 Dipastikan Belum Masuk Indonesia

0
174
COVID-19. (Foto: Ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah memastikan mutasi Covid-19 terbaru, yakni varian B1617 asal India belum masuk ke Indonesia atau belum ditemui kasusnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berkata, Kementerian Kesehatan sudah melakukan pencarian kasus varian baru itu dan hasilnya nihil.

Adapun pencarian dilakukan menggunakan metode pencarian strain virus corona baru alias whole genome sequencing (WGS).

“Sampai saat ini varian B1617 tidak ditemukan pada sampel yang digunakan untuk WGS,” kata Wiku di Jakarta, Selasa 20 April 2021.

Sejauh ini tercatat ada lima varian corona di Indonesia yang berhasil teridentifikasi, yakni varian D614G, B117, N439K, E484K, dan B1525.

Sebagai langkah preventif, Wiku mengaku pihaknya akan memperkuat lini pintu masuk kedatangan WNI maupun WNA dari luar negeri. Ia juga meminta setiap pemerintah daerah menggenjot upaya tes, telusur, dan tindak lanjut (3T).

Kemudian masyarakat juga diminta untuk tidak lengah menerapkan protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Untuk membendung imported case yang merupakan bagian dari pengendalian covid-19 yang berjenjang di Indonesia, maka sudah diatur arus masuk perjalanan internasional,” ujarnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here