Masjid Al Aqsa
Masjid Al Aqsa

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Kabar baik untuk seluruh umat Islam. Setelah sempat ditutup akibat pandemi corona atau Covid-19, Masjid Al Aqsa kabarnya akan dibuka kembali pada Minggu 30 Mei 2020.

Mengutip AFP, Kamis 28 Mei 2020, namun pembukaan itu baru sebatas rencana, karena belum ditentukan apakah masyarakat Palestina diizinkan masuk sepenuhnya di wilayah komplek atau hanya sebatas di halaman berdoa saja.

“Semua pintu akan dibuka ketika fajar saat hari Minggu,” kata Direktur Masjid Al Aqsa Omar Al Kiswani.

Seperti diketahui, Masjid Al Aqsa berada di Yerusalem Timur yang dicaplok sepihak oleh Israel. Pemerintah Zionis sempat menutup masjid sejak Maret 2020 lalu agar penyebaran Covid-19 tak meluas.

Situs-situs keagamaan di Yerusalem mulai dibuka kembali dalam beberapa hari terakhir karena jumlah kasus baru yang dilaporkan menurun, tetapi kompleks masjid Al-Aqsa tetap ditutup selama festival Idul Fitri yang dimulai pada 24 Mei lalu.

Sempat terjadi kericuhan pada hari Idul Fitri, karena sejumlah umat Islam ingin menerobos masuk kawasan masjid.

Namun, militer Israel mengadang warga Palestina dengan cara-cara keras. Situasi di Yerusalem juga belum mereda saat ini, karena klaim sepihak Donald Trump yang menyebut kota suci itu sebagai ibu kota Israel.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here