Alhamdulillah, Kuota Haji 2020 Bakal Bertambah Jadi 231 Ribu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah tengah menanti harapan terkabulnya permintaan penambahan kuota haji untuk tahun 2020 mendatangf menjadi 231 ribu kepada Kerajaan Arab Saudi.

Menteri Agama Fachrul Razi optimis, permintaan Indonesia itu akan dikabulkan oleh Saudi, mengingat penambahan kuota adalah bagian dari kebutuhan.

“Pihak Saudi memahami kebutuhan Indonesia untuk tambahan kuota,” kata Fachrul saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, setelah kunjungan ke Arab Saudi, Kamis 5 Desember 2019.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi berada di Makkah, Arab Saudi untuk menandatangani nota kesepahaman Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020 M.

Kesempatan ini dimanfaatkan untuk melobi Pemerintah Arab Saudi agar kuota dasar jamaah haji Indonesia ditetapkan menjadi 231 ribu.

“Menteri Agama Fachrul Razi telah bersurat kepada Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, meminta agar kuota dasar Indonesia ditetapkan menjadi 231 ribu,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali dalam keterangan resminya, Selasa 3 Desember 2019.

Lobi dan surat ini disebut Nizar perlu karena hitungan kuota dasar Indonesia yang tertuang dalam MoU penyelenggaraan ibadah haji 1441 H/2020 M masih 221 ribu jamaah. Meski demikian, pemerintah Indonesia telah membuat keterangan tambahan perihal permintaan tambahan kuota dasar.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini