Alhamdulillah! Konten Khilafah Dihapus dari Pelajaran Madrasah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Semua materi khilafah dipastikan akan segera dihapus atau ditarik dari ujian madrasah di seluruh Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) bakal lebih menekan pada konten yang berunsur damai dan toleransi.

Tak hanya materi khilafah, Kemenag juga menghapus semua konten yang berbau kekanan-kananan dan kekiri-kirian.

“Kita kedepankan Islam wasathiyah,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag, Umar di Jakarta, Sabtu 7 Desember 2019.

Penghilangan materi khilafah dan jihad sesuai ketentuan regulasi penilaian yang diatur pada SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3751, Nomor 5162, dan Nomor 5161 Tahun 2018 tentang Juknis Penilaian Hasil Belajar pada MA, MTs, dan MI.

Menurut Umar, Rasulullah mengajarkan semangat perjuangan. Namun, semangat perjuangan dalam konteks saat ini tidak lagi bermodel perjuangan perang. Nanti dalam materi sejarah kebudayaan Islam tetap membahas Rasul pernah berperang, namun bukan hal itu penekanan pentingnya.

“Justru yang kita ungkap banyak nanti aspek kehidupan Rasul yang menjaga perdamaian yang madani,” ujarnya.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini