virus corona membuat panik masyarakat dunia
Ilustrasi wabah Covid-19

MATA INDONESIA, JAKARTA-Korban sembuh dari virus corona terus bertambah. Terbaru, 83 pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona di Riau dinyatakan sembuh setelah sempat dirawat.

“Jumlah total pasien PDP sebanyak 200 orang, dengan jumlah pasien yang dirawat sebanyak 109 orang dan yang sudah pulang 83 orang,” kata Kepala Dinas Kominfo Pemprov Riau Chairul Riski, mengutip merdeka.com, Kamis 9 April 2020.

Riski mengatakan, jumlah ODP di Provinsi Riau sebanyak 28.026 orang. Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia dan negara lain menjadi penyumbang jumlah terbanyak ODP tersebut.

“Hingga hari ini, ODP sebanyak 28.026 orang, dengan rincian ODP 18.510 masih dipantau, dan yang telah selesai pemantauan sebanyak 9.516 orang,” katanya.

Sedangkan untuk pasien positif 12 orang, 1 orang telah pulang ke rumahnya karena dinyatakan sembuh. Sedangkan jumlah PDP yang meninggal dunia sebanyak 8 orang.

Pemprov Riau melakukan Rapid Tes Covid-19 atau Corona terhadap Orang Dalam Pemantauan, Kamis kemarin. Hasilnya, 14 orang dinyatakan Positif Corona.

Rapid tes diikuti 1.891 ODP, dari jumlah total 18.510 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.877 ODP dinyatakan negatif. Tapi ke 14 orang tersebut belum bisa dipastikan terjangkit virus Corona, karena akan melalui fase berikutnya, yaitu swab.

“Sebanyak 14 ODP yang positif itu paling banyak di Dumai ada 10 orang. Kemudian Pelalawan 2, Rokan Hulu 1, Indragiri Hulu 1 dan Kampar 1,” kata Kadis Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Mimi menjelaskan, rapid test yang dilaksanakan di seluruh daerah sejak 31 Maret sampai 8 April 2020. Alat yang digunakan sebanyak 7.420 unit, namun baru 1.891 ODP yang dilakukan rapid.

Dia berharap kerja sama yang baik dari seluruh Dinas Kesehatan yang ada di Riau, untuk segera menyelesaikan rapid test terhadap semua ODP.

“Sudah kita beri tahu agar secepatnya. Tapi mungkin mereka mengutamakan ODP yang bergejala saja, padahal itu untuk semua yang ODP,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here