Alasan Shin Tae Yong Mempelajari Islam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA Nama pelatih Shin Tae Yong tengah menjadi buah bibir para penikmat sepakbola Indonesia. Kesuksesan pelatih asal Korea Selatan mengangkat performa Tim Garuda di gelaran Piala AFF 2020 di Singapura menjadi alasannya.

Ya, Shin Tae Yong membawa Tim Merah putih tampil sebagai runner up Piala AFF 2020. Bukan hanya itu, Indonesia juga tampil meyakinkan kala menghadapi tim kuat yang notabene merupakan juara bertahan, Vietnam.

Indonesia bahkan sukses mempermalukan musuh bebuyutan, Malaysia dengan skor menjanjikan 4-1 di babak penyisihan grup. Dan berkat tangan dinginnya, Timnas Indonesia melangkah ke putaran semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan periode 2017-2018 itu dikabarkan mempelajari Islam. Hal ini dilakukan Shin Tae Yong untuk beradaptasi dan menyusun program latihan tanpa mengganggu waktu ibadah anak asuh dan juga stafnya.

“Sejak awal saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang beragama Islam. Saya kemudian memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,” kata Shin Tae Yong, melansir Sportal Korea.

“Dari sana saya mempelajari Islam, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,” sambungnya.

Setelah melakukan diskusi dan riset, Shin Tae Yong mulai memahami Islam. Tak sampai di situ, Shin Tae Yong juga dilaporkan mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam.

“Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan,” tuntas pelatih yang mengantar Seongham Ihwa Chunma menjuarai Liga Asia 2010 itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini