Akibat Ulah Iseng Penumpang, Pesawat Wings Air Batal Mengudara

Baca Juga

MATA INDONESIA, BALIKPAPAN – Akibat ulah iseng seorang penumpang lelaki, pesawat Wings Air jurusan Balikpapan-Malinau batal mengudara, Sabtu 8 Februari 2020.

Pesawat ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW-1478 tersebut antara lain dinaiki seorang lelaki 30 tahun berinisial PMP yang duduk di kursi nomor 1F.

Tanpa alasan jelas tiba-tiba dia membuka jendela darurat atau emergency exit window bagian kanan pesawat.

Padahal, 43 penumpang dan empat awak sudah berada di kabin pesawat saat itu dan siap diberangkatkan.

“Ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat,” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro, Minggu 9 Februari 2020.

Akibatnya, pesawat batal diberangkatkan dan seluruh penumpang diturunkan serta diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan. Danang mengatakan awak pesawat dan teknisi kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Akibatnya penerbangan IW-1478 mengalami keterlambangan selama 165 menit atau hampir tiga jam.

Penerbangan pesawat Wings Air IW-1478 diberangkatkan pada Sabtu (8/2) pukul 11.00 Wita dengan menggunakan pesawat Wings Air lain dengan registrasi PK-WGO. Pesawat sudah tiba di Malinau pukul 12.30 Wita.

Danang mengatakan pilot telah menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/avsec) agar segera dilakukan penanganan kepada PMP. Hingga Sabtu pukul 21.52 Wita, PMP masih menjalani pemeriksaan di kantor otoritas bandara setempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini