Akhirnya, Kim Jong-un akan Bertemu Vladimir Putin untuk Pertama Kalinya

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Pemerintah Rusia secara resmi mengumumkan bahwa Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow untuk bertemu Presiden Vladimir Putih.

Pertemuan kedua kepala negara itu rencananya akan berlangsung pada akhir Mei 2019. Banyak pihak berspekulasi, pertemuan Kim dan Putin bertujuan membahas masalah negosiasi nuklir yang alot antara Korea Utara dengan AS.

Mengutip CNN, Jumat 19 April 2019, Kim dan Putin sebelumnya sama sekali tak pernah bertatap muka secara langsung. Padahal, kedua negara punya catatan sejarah sama-sama beraliansi saat Perang Dingin.

Menurut kantor berita KCNA milik pemerintah Korea Utara, pengumuman pertemuan Kim dan Putin terjadi setelah beberapa jam Kementerian Luar Negeri Korea Utara meminta Menlu AS Mike Pompeo untuk diganti dalam negosiasi lebih lanjut antar kedua negara.

Menurut pemerintah Korea Utara, Pompeo telah melakukan pembiaran atas sejumlah komentar negatif dan ia dituding bermain curang dalam mengatur pertemuan bersama AS.

Korea Utara telah mendesak lebih banyak penghapusan sanksi sebagai ganti denuklirisasi, sementara AS menuntut bukti yang lebih besar bahwa negara itu siap mengurangi persenjataan nuklirnya.

Ketidaksepakatan itu diyakini menjadi alasan utama perundingan Hanoi berakhir cepat dan tanpa hasil. Namun, pertemuan Kim dan Putin tentu akan menjadi sorotan besar bagi AS yang selama ini disebut merupakan lawan abadi Negeri Paman Sam.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini