Akhir Bulan Ini BMKG Minta DKI Jakarta Waspadai Bencana Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada akhir Januari pada 28-29 Januari 2021 bakal mengalami peningkatan intensitas hujan akibat dinamika atmosfer yang tidak stabil.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengatakan Ibu Kota masuk dalam salah satu wilayah yang berpotensi dilanda banjir.

“Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, selama dua hari ke depan potensi dampak dengan status Siaga,” kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya.

Selain DKI Jakarta, wilayah lain yang berstatus siaga banjir pada periode tersebut adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, serta Papua Barat. Pada periode 28-29 Januari sejumlah wilayah itu berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujarnya.

Selain akibat dinamika atmosfer, cuaca ekstrem itu juga diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia. Munculnya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara juga mendorong terbentuknya pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi.

BMKG mengingatkan, potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia pun meningkat. Mengingat saat ini sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dengan puncak pada Januari dan Februari 2021 di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

“Berdasarkan kondisi tersebut, maka kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem harus terus ditingkatkan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini