Akankah Jokowi Beralih ke Vaksin Pfizer yang Efektivitasnya 95 Persen?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksin Pfizer/BioNTech tengah menjadi sorotan dunia, usai melalui serangkaian uji klinis dengan tingkat efektivitas mencapai 95 persen ampuh mengatasi Covid-19.

Dengan tingkat keberhasilan yang jauh melampaui vaksin lainnya, kemungkinan besar Pfizer akan jadi pilihan utama masyarakat global.

Mengutip The Independent, Rabu 18 November 2020, saat ini, pihak pengembang Pfizer dan perusahaan BioNTech asal Jerman mengakui, vaksin berbasis mRNA ini tengah diajukan ke otoritas regulator tertinggi, terutama WHO, untuk mendapat persetujuan agar segera dipasarkan.

Sementara di Indonesia, pemerintah berencana melakukan penyuntikan kepada masyarakat mulai Desember 2020 mendatang. Dua vaksin yang dipilih adalah Sinovac dan Covac.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sudah menyatakan, bahwa kedua vaksin ini aman disuntikkan kepada masyarakat Indonesia, karena mengandung bahan yang tidak berunsur babi, atau unsur berbahaya lainnya.

Namun, melihat tingginya efektivitas Pfizer yang namanya tengah naik daun, akankah pemerintah RI beralih ke vaksin ini, dan meninggalkan Sinovac serta Covac?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini