AHY: Hukum Sekarang Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menilai akhir-akhir ini ruang publik baik di media sosial maupun media massa sesak oleh berita skandal di kalangan penegak hukum dan aparat negara.

Ia memastikan saat ini rakyat tengah mengawasi jalannya penegakan hukum. Termasuk mengawasi perilaku para penegak hukum di negeri ini.

”Rakyat sedang mengawasi jalannya penegakan hukum di negeri ini. Juga mengawasi perilaku para penegak hukum kita,” kata AHY dalam Pidato Kebangsaan pada Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat 16 September 2022.

Putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan selama ini rakyat diam dan merasa ketakutan dengan proses hukum yang berjalan. Sebab, ujar AHY, hukum saat ini terkesan tajam ke bawah dan tumpul ke atas. “Tajam ke lawan, tumpul ke kawan,” tegas AHY.

AHY juga menyatakan bahwa obstruction of justice atau menghalangi penegakan hukum, serta abuse of power atau penyalahgunaan kekuasaan, tidak seharusnya terjadi di negeri ini. “Keduanya tidak sepatutnya terjadi di negara kita, tetapi rakyat masih memiliki harapan kepada Tuhannya. Tuhan tidak pernah tidur,” ungkap AHY.

Dia bahkan mengutip pepatah Jawa untuk menjelaskan hal tersebut.

“Sebagai bangsa yang memegang nilai-nilai ketuhanan, rakyat percaya: becik ketitik, olo ketoro. Perbuatan baik akan selalu dikenali, perbuatan buruk nantinya akan diketahui juga,” katanya.

Partai Demokrat berkomitmen dalam menjamin kebebasan demokrasi serta upaya penegakan hukum yang tegak lurus. Selain itu, lanjut AHY, Partai Demokrat juga mendorong hadirnya instrumen penegakan hukum yang bertanggung jawab, independen, dan profesional.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini