Ahok Bakal Dapat Penghargaan yang Ke – 15 Hari Ini

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini Senin 22 Juli 2019, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok bakaln menerima penghargaan publik ke-15.

Penghargaan itu adalah Roosseno Award ke-9 yang menilai Ahok telah mengilhami etos kerja dan integritas. Acara tersebut akan digelar di ruang auditorium Roosseno Plaza, Kemang, Jakarta Selatan. Di acara itu juga akan ada pemutaran film biografi Ahok karya Andre Moedanton.

Untuk diketahui, Roosseno Award adalah penghargaan untuk peneliti dan tokoh Indonesia yang memberi inspirasi atas karya, kegiatan, dan semangat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, atau sosial humaniora. Roosseno Award telah digelar sejak tahun 2011.

Selain Ahok, beberapa tokoh Indonesia yang pernah menerima Roosseno Award yakni Presiden RI ketiga; B.J. Habibie, Budayawan; Franz Magnis Suseno, Guru Besar Universitas Tarumanagara; Wiratman Wangsadinata, Ketua Komnas Perempuan pertama; Saparinah Sadli, dan tokoh kedokteran Indonesia; R. Sjamsuhidajat Ronokusumo.

Rooseno Award ke-9 adalah penghargaan ke-15 bagi Ahok. Seperti catatan Wikipedia setidaknya Ahok telah menerima 14 penghargaan lainnya, yaitu;

WWF Award, Kategori National Earth Hour Capital 2015 and National Earth Hour Capital 2016

Ibukota Jakarta meraih gelar sebagai National Earth Hour Capital dalam ajang Earth Hour City Challenge (EHCC) tahun 2015 dan 2016 yang diselenggarakan WWF. WWF menilai DKI Jakarta bersama 16 kota lainnya layak menjadi panutan bagi kota-kota lainnya di Indonesia dalam hal ambisi, upaya dan rencana kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

PT Telkom Indonesia, Smart City Nusantara

Penghargaan Smart City Nusantara merupakan bentuk apresiasi dari Telkom Indonesia atas inisiatif pemerintah daerah dalam implementasi smart city. DKI Jakarta telah memberikan aplikasi untuk berbagai kepentingan masyarakat, seperti internet akses berbasis Wifi layanan Social Media Analytic, Layanan Pustaka Digital dan layanan Qbaca.

Indonesia Green Award 2016, The Most Inspiring

Ahok dianggap sukses memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di DKI Jakarta.

Penghargaan dari Bappenas

Terbaik I kategori Provinsi untuk perencanaan terbaik,
Terbaik I Kategori Provinsi untuk perencanaan inovatif,
Terbaik kategori 1 untuk perencanaan progresif,
Pencapaian MDGs (Millenium Development Goals) tertinggi Tahun 2015, MDGs Terbaik, dan Capaian indikator terbanyak.

Gus Dur Award 2016

Ahok dinilai sebagai sosok pejuang anti-korupsi yang selalu mengupayakan pelayanan publik yang baik, tegas, pemberani, bersih seperti sosok Gus Dur. Penghargaan ini dibacakan langsung oleh Putri Gus Dur, Yenny Wahid.

Bappenas dan LKPP, Kategori National Procurement Awards

Pemprov DKI Jakarta dinilai telah berhasil dalam transformasi pengadaan barang secara elektronik serta melakukan penghematan anggaran dengan melakukan pengadaan barang atau jasa secara elektronik.

KPK, Kategori Penghargaan Anti Gratifikasi

Penghargaan ini diberikan karena Ahok dinilai berhasil mendorong pengendalian gratifikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Warga Kehormatan Basarnas

Penghargaan diberikan atas keistimewaan untuk menggunakan fasilitas khusus dari Basarnas. Penghargaan itu diberikan oleh Badan Search and Resque Nasional (Basarnas) pada perayaan HUT-nya ke 44 di Bumi Perkemahan dan Wisata (Buperta) Cibubur, Jaktim yang diberikan langsung oleh Kepala Basarnas, Marsdya TNI Henry Bambang Sulistyo dan diterima oleh Wagub Djarot Saiful Hidayat.

Selain mendapat penghargaan, DKI Jakarta mendapat izin menggunakan helikopter milik Basarnas bila keadaan genting di ibukota, khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Fasilitas ini juga dapat digunakan untuk evakuasi korban maupun kegiatan lainnya.

Alzheimers Disease International

Pemprov DKI dinilai baik dalam memberi dukungan dan kepeduliannya terhadap berbagai kegiatan peningkatan kesadaran penyakit alzheimer, demensia, dan peduli lansia. Penghargaan tersebut diberikan oleh Executive Director Alzheimers Disease International Marc Wortmann kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam acara Worlds Alzheimer Day 2015 di Balai Kota DKI.

Bung Hatta Anti Corruption Awards, Kategori Tokoh Anti Korupsi

Kinerja Ahok dinilai telah berhasil mewujudkan integritas serta inovasi dalam kampanye mewujudkan transparansi anggaran.

Democracy Awards

Penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang berhasil memainkan peranan memperkuat otonomi daerah dalam bingkai NKRI.

Penghargaan Tokoh Politik Pilihan SPS

Sosok yang menerima penghargaan SPS adalah wajib memenuhi empat kriteria, yakni dikenal masyarakat luas, memiliki karya dan kinerja yang bisa dilihat oleh masyarakat, tidak cacat hukum serta karyanya bermanfaat untuk masyarakat.

13. MURI

Penghargaan diberikan karena Rekor Layanan PTSP, Dalam setahun berhasil menerbitkan lebih dari 4 juta pelayanan perizinan.

Selain itu, rekor Sosialisasi Terorisme, Sosialisasi pencegahan terorisme yang melibatkan 7.200 orang bersama BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme.

Terakhir rekor merakit robot, Sebanyak 1.000 siswa siswi Taman Kanak-kanak se-Jakarta barat ramai-ramai merakit robot pohon.

Kategori Tokoh Kontroversial

MNC Group menganugerahi Ahok untuk ketiga kalinya kepada para tokoh terpilih dalam berita. Dalam acara Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2013 ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapatkan penghargaan Tokoh Seputar Indonesia 2013. Sementara wakilnya, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) menyabet gelar Tokoh Kontroversial.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini