Adu Gengsi Dua Kota, Ini Lima Laga Terpanas Persija vs Persib Saat Berduel

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Laga adu gengsi dua klub besar Indonesia yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung kembali terjadi, setelah setengah dekade tidak bertemu. Rencananya, duel Macan Kemayoran dengan Maung Bandung akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu 10 Juli 2019 dalam pekan kedelapan Liga 1 2019.

Diketahui, perseteruan suporter dua klub ini memang selalu memanas dari mulai pertandingan hingga usai.  Kedua klub ini sebenarnya bukanlah musuh bebuyutan di era kompetisi Perserikatan. Sebab, masing-masing klub ini mencicipi kejayaan di era yang berbeda.

Macan Kemayoran lebih mendominasi pada era 30-an dengan nama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), kemudian dilanjutkan pada 70-an setelah berganti identitas sebagai Persija. Sementara Persib lebih banyak mengoleksi trofi sejak 80-an.
Dari masa ke masa, Persija sukses mengoleksi 11 gelar di level kompetisi. Sementara, Maung Bandung telah mengemas tujuh gelar juara di era perserikatan dan Liga Indonesia.

Persaingan kedua klub mulai meninggi dalam hal gengsi kota tetangga pada era 80-an. Sedangkan pada 2000-an, persaingan kedua tim memanas karena perseteruan suporter mereka. Berikut lima duel terpanas Persija vs Persib yang pernah tersaji.

1. Divisi Utama 1986/1987

Persib menjamu Persija di awal kompetisi Perserikatan yang masih menggunakan zona wilayah pada 16 November 1986. Para penggawa tim Ibu Kota sudah mendapat teror sebelum laga. Bus yang ditumpangi Adityo Darmadi dan kawan-kawan menjadi sasaran pelemparan batu.

Jumlah penonton yang membludak sempat membuat panpel kewalahan mengorganisir suporter ke dalam tribune. Namun, mental penggawa Macan Kemayoran tidak terpengaruh dari suporter Pangeran Biru.

Adityo sukses mencetak gol semata wayang untuk memastikan kemenangan Persija di Stadion Siliwangi. Kepalan tangan Adityo ketika melakukan selebrasi semakin membuat seisi stadion mengamuk. Beruntung suasana masih bisa dikendalikan.

2. Liga Indonesia 2002

Duel panas sarat kontroversi kembali terjadi pada Liga Indonesia edisi 2002. Persib ditahan imbang Persija di markas mereka, Stadion Siliwangi, Bandung, pada 3 Maret. Sempat unggul 1-0 melalui gol salto Sujana pada menit kedelapan, gawang Persib justru kebobolan lewat gol kontroversial Budi Sudarsono di menit ke-30.

Persib melakukan lemparan ke dalam untuk tim Persija lantaran Budi tampak cedera di lapangan. Bukannya mengembalikan bola ke kubu Persib, Budi justru memanfaatkan momen tersebut untuk mencetak gol ke gawang Maung Bandung.

Gol Budi sempat diwarnai protes keras dari ofisial Persib, namun wasit bergeming. Kemenangan tim Bandung yang sudah di depan mata harus melayang lantaran gol aneh “Si Ular Pyton”.

3. Liga Indonesia 2005

Pertikaian Jakmania dan Bobotoh di era Milenium kerap berimbas kepada pemain. Kedua suporter seakan berlomba-lomba melakukan teror kepada pemain lawan untuk mengganggu psikologis mereka sebelum bertanding.

Persija menang WO 3-0 atas Persib dalam lanjutan Liga Indonesia yang digelar di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, pada 4 September 2005.

Pengawas pertandingan memberikan kemenangan WO pada Persija karena Persib menolak bertanding. Tim tamu beralasan keselamatan mereka terancam karena Jakmania membludak hingga menumpuk di pinggir lapangan.

4. Liga Super Indonesia (ISL) 2013

Laga Persija versus Persib yang semula akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 22 Juni 2013, batal digelar. Teror dari suporter kembali jadi penyebabnya.

Bus rombongan Persib diserang oknum Jakmania di tengah jalan menuju SUGBK. Kaca bus rombongan Persib mengalami kerusakan akibat dilempari batu oknum suporter.

Pertandingan terpaksa dijadwalkan ulang pada 28 Agustus di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Laga berakhir bermain imbang 1-1, namun, sempat diwarnai kericuhan antarsuporter.

Kedua kubu suporter itu sempat terlibat aksi saling lempar hingga membuat pertandingan terhenti selama 30 menit. Sejak saat itu, polisi tidak pernah mengizinkan kedua pendukung berada di dalam satu stadion.

5. Liga 1 2017

Laga Persija vs Persib dalam lanjutan Liga 1 2017 pada 22 Juni di Gelora Bandung Lautan Api, Solo, berakhir imbang 1-1. Namun, pertandingan ini dinodai kisruh antarpemain.

Panasnya tensi pertandingan sempat diwarnai cekcok antara Ismed Sofyan dan Vladimir Vujovic yang kala itu membela Persib. Ismed sempat terjatuh karena tandukan Vujovic. Insiden Ismed-Vujovic memang sempat memicu reaksi antarpemain.

Perseteruan ini berakhir setelah Vujovic pindah ke Bhayangkara FC. Ismed dan Vujovic bahkan menunjukkan keakraban dengan bertukar jersey usai laga Persija vs Bhayangkara di Liga 1 2018.

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini