Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tujuh program bantuan sosial bakal kembali dilanjutkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepanjang Tahun 2021.

Program itu adalah kartu sembako, Program Keluarga Harapan, bantuan sosial tunai, Program Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Desa, insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha termasuk bagi UMKM.

Jokowi mengungkap telah menganggarkan Rp172,3 triliun untuk melaksanakan program bantuan tersebut supaya daya beli dan konsumsi masyarakat yang tertekan oleh virus corona bisa dipulihkan.

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan belanja dalam APBN 2021 sebesar Rp 2.750 triliun. Itu digunakan untuk belanja pemerintah pusat Rp 1.954,5 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) Rp 795,5 triliun.

Kemudian, pemerintah menargetkan penerimaan negara tahun depan sebesar Rp 1.743,65 triliun. Target itu terdiri dari penerimaan perpajakan sebesar Rp 1.444,54 triliun, penerimaan negara bukan bapak (PNBP) Rp 298,20 triliun, dan penerimaan hibah Rp 900 miliar.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here