Liga Super Eropa

MATA INDONESIA, LONDON – Enam klub Liga Inggris memutuskan keluar dari Liga Super Eropa. Lantas, bagaimana nasib kompetisi tandingan Liga Champions itu?

Manchester City adalah klub Inggris pertama yang menarik diri dari Liga Super Eropa. Kemudian, Chelsea mengikuti keputusan The Citizens. Tak lama berselang, giliran Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur mengambil langkah yang sama.

Liga Super Eropa adalah kompetisi yang diinisiasi presiden Real Madrid, Florentino Perez. Awalnya, ada 12 klub yang disebut sebagai klub pendiri. Enam klub lainnya adalah Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan, dan Juventus.

Awalnya, Liga Super Eropa diikuti 20 klub yang terdiri dari 15 klub pendiri dimana baru ada 12 klub bergabung. Kemudian, lima klub tersisa akan disaring melalui babak playoff.

Kini, nasib kompetisi tandingan Liga Champions itu dipertanyakan setelah enam klub Inggris menarik diri. Artinya, tinggal enam klub pendiri tersisa. Meski demikian, Florentino Perez tak khawatir dengan keluarnya enam klub Inggris.

“Tidak khawatir. Situasinya serius dan semuanya sepakat meneruskan proyek ini dan mencari solusi. Tidak ada satu pun yang berada di bawah tekanan,” kata Perez, dikutip dari Marca, Rabu 21 April 2021.

“Saya yakin Bayern Muenchen dan PSG pada akhirnya akan bergabung, tapi kami belum bicara dengan mereka. Tim seperti Lens pun bisa masuk dan mereka bisa menjual pemain ke klub terbaik, sesuatu yang tak bisa mereka lakukan saat ini karena krisis,” ujarnya.

“Anda harus menyadari bahwa apa yang terjadi saat ini mirip dengan situasi di 2008 dimana kondisi keuangan jatuh,” ungkapnya.

UEFA mengancam akan melarang klub yang tampil di Liga Super Eropa main di Liga Champions. Perez tak yakin dengan ancaman itu.

“Tentu saja kami akan tetap main di Liga Champions. Ancaman dan hinaan bukan cara yang tepat. Tidak akan ada sanksi karena kami dilindungi hukum dan akal sehat,” ujarnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here