6 Bahasa Ini Miliki Aksara Paling Sulit di Dunia, Mau Coba Pelajarinya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik. Perkiraan jumlah bahasa di dunia beragam antara 6.000–7.000 bahasa.

Seperti yang kamu tahu, masing-masing negara atau kawasan di dunia mempunyai bahasa yang berbeda-beda. Tapi di antara semua bahasa yang ada di dunia, beberapa bahasa dianggap memiliki aksara yang paling sulit dan rumit untuk dipelajari. Berikut ada enam bahasa yang punya aksara tersulit di dunia, apa saja?

  1. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin disebut sebagai bahasa yang paling sulit untuk dipelajari. Kerumitan bahasa Mandarin tidak cuma terdapat pada tatanan bahasanya saja, tapi juga aksara yang kompleks.

Para pakar bahasa menganggap bahasa yang dituturkan masyarakat utara dan barat daya Cina ini sebenarnya adalah bagian dari dialek Cina, bukan bahasa yang berdiri sendiri.

  1. Bahasa Arab

Bagi orang awam awalnya pasti bakal kesulitan ketika mempelajari aksara Arab. Penulisan bahasa Arab hampir mirip huruf sambung, tapi dengan aksara dan tata bahasanya sendiri. Bahasa Arab digunakan sebagian negara di Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

  1. Bahasa Jepang

Aksara dalam bahasa Jepang juga tak kalah sulit dipelajari. Menurut sejarah, bahasa Jepang dipengaruhi oleh bahasa Tiongkok kuno sehingga penulisannya punya ciri tersendiri. Tak hanya aksaranya saja yang sulit dihafal dan ditiru, tata bahasa Jepang juga punya tingkat kerumitan yang tinggi.

  1. Bahasa Thailand

Aksara Thailand bisa di bilang menjadi aksara paling unik di Asia Tenggara bahkan di dunia. Namun., jika diperhatikan, aksara Thailand itu hampir mirip dengan aksara Jawi.

Keunikan aksara Thailand yakni memiliki total 46 kata dan 5 intonasi nada. Artinya, jika suatu kata diucapkan dengan nada rendah misalnya, maknanya nggak akan sama ketika diucapkan dengan nada tinggi.

  1. Bahasa Yunani

Ini dia salah satu bahasa tertua, tapi juga termasuk yang paling sulit di dunia. Penulisan aksara dan tata bahasa Yunani bakal bikin kamu kebingungan karena kerumitannya. Terlebih lagi, nggak semua orang yang mempelajarinya bisa lancar mengucapkan bahasa Yunani.

  1. Bahasa Korea

Ada kemiripan antara penulisan aksara Jepang dan Korea, tapi keterlibatan dua bahasa tersebut nyatanya masih belum jelas. Bahasa yang dinamakan Hangul ini merupakan bahasa resmi negara Korea Selatan dan Korea Utara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini