5G Belum Masuk Indonesia, Cina Malah Sudah Teliti 6G

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –Apes benar nasib Indonesia dalam urusan teknologi. Ketika jaringan 5G belum masuk, negara-negara lain seperti Cina malah telah berencana mengembangkan jaringan level selanjutnya, yakni 6G.

Salah satu yang bakal melakukan penelitian dan pengembangan jaringan 6G adalah Xiaomi, yang telah menyiapkan empat proposal untuk proyek selama lima tahun ke depan.

CEO Xiaomi Lei Jun berkata, pihaknya akan menjadikan internet satelit sebagai industri strategis dan menjadi langkah awal pengembangan 6G.

“6G akan membutuhkan perangkat yang mendukung stasiun pangkalan dan satelit untuk mendukung standar nirkabel baru,” kata Jun, seperti dikutip dari Tech in Asia, Jumat 5 Juni 2020.

Namun, konsep 6G masih kabur dan belum ada standar yang mendefinisikannya. Yang jelas, 6G perlahan-lahan jadi kata kunci di kalangan perusahaan teknologi Cina.

Xiaomi juga punya pesaing lain, yakni ZTE yang bekerja sama dengan China Telecom dalam sebuah perjanjian penelitian pengembangan 6G. Sementara Oppo dan Huawei dikabarkan mulai melirik ke arah pengembangan tersebut.

Indonesia apa kabar?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini