58 Ribu Ton Bawang Banjiri Indonesia Mei Ini, Tapi Hasil Impor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 58 ribu ton bawang putih dipastikan akan membanjiri Indonesia pada Mei 2020 ini. Bawang-bawang ini didatangkan pemerintah melalui impor.

“Bawang putih sudah masuk sebagian, nanti di bulan Mei akan mencapai 58 ribu ton, kurang lebih,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Rabu 29 April 2020.

Bila mengacu pada rencana, harusnya puluhan ribu ton bawang itu masuk ke Tanah Air pada akhir April ini. Namun, masih bisa terlambat karena faktor ketidakpastian situasi global yang berpengaruh pada pasokan pangan.

Sebagai langkah untuk memastikan tepat waktu, Mendag menyebut pemerintah telah memberikan akses kemudahan impor bagi komoditas pangan, termasuk bawang putih dan bawang bombai.

“Jadi relaksasi impor yang kita berikan pembebasan persetujuan impor. Sehingga memudahkan bagi pelaku usaha untuk mengimpor khususnya bawang putih dan bawang bombai,” ujarnya.

Sebelumnya, Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pasokan impor bawang putih yang akan masuk akhir bulan ini, ditambah hasil panen di Jawa Tengah, diharapkan mampu mengatasi defisit stok komoditas tersebut di pasaran.

“Ada barang yang masuk di akhir bulan ini dan juga diharapkan jumlahnya nanti akan semakin meningkat yang tersedia di pasar,” kata Airlangga.

1 KOMENTAR

  1. Biarin lah impor, yg penting harga bawang tetap stabil. Indonesia negara perairan, perkuat impor di sektor perikanan. Terutama lobster yg harganya mahal dan diminati orang luar negri. #KomenPositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini