500 Drone akan Menaburkan Cahaya di Pembukaan Peparnas Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Atraksi megah pada pembukaan dan penutupan PON XX Papua akan terulang kembali. Kali ini upacara pembukaan atau opening ceremony Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua berisikan kilauan cahaya dengan menyuguhkan atraksi 500 drone lighting show yang akan menghiasi langit kota Jayapura pada Jumat 5 November 2021.

Demikian disampaikan perwakilan EO Quantum Convex Indonesia, Tonton Hutomi, dalam konferensi pers di Media Center Kominfo Peparnas Papua, Kamis 4 November 2021.  Sebagai mitra PB Peparnas, pihaknya menjanjikan hanya akan menyajikan yang terbaik pada gelaran akbar pesta olahraga nasional tersebut.

“Besok kita akan menjadi saksi sejarah di Stadion Mandala. Sejatinya upacara pembukaan Peparnas XVI di Papua ini akan menjadi sebuah kombinasi dari atraksi dan mahakarya anak bangsa karena didukung oleh bukan hanya yang terbaik, juga akan menghadirkan para bintang terbaik anak bangsa, di antaranya penata musik terbaik Adi MS, sejumlah penyanyi berprestasi Indonesia di antaranya Anggun C. Sasmi, Edo Kondolongit, Nowela, serta sejumlah seniman lainnya yang ada di Papua,” ujarnya.

Namun menurut Tonton, yang paling menarik adalah adanya 950 penari yang berasal dari sanggar dan sekolah yang siap mempergelarkan sebuah tarian kolosal yang dikemas dari koreografi Dudi Gunawan, dengan arahan dari Denis Koigun sebagai antropolog.

Sequence of event dari lima segmen yang kami persembahkan semuanya syarat makna. Tentunya ini menerjemahkan bagaimana lima wilayah adat di Papua itu bisa terwakili,” katanya.

Untuk itu, Tonton mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyaksikan sebuah persembahan dari anak bangsa, mahakarya dibumi Papua “Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua” yang akan disiarkan secara langsung baik di televisi nasional, maupun live streaming.

Ia meyakini, upacara pembukaan Peparnas XVI Papua akan menempatkan kota Jayapura pada khususnya, dan Papua pada umumnya sebagai kota elit dunia dari sisi penatalaksanaan sebuah pergelaran yang tidak akan kalah dari kemeriahan pembukaan Olimpiade di Tokyo pada Juli 2021 lalu.

“Di sinilah kolaborasi, dan sinergitas yang luar biasa antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan National Paralympic Comittee Indonesia (NPCI) selaku prinsipal dari kegiatan Peparnas XVI ini. Kita saling bahu membahu dan didukung sepenuhnya oleh seluruh yang terlibat dari 2.800 kekuatan yang akan menjadi pendukung dari upacara pembukaan besok,” ujarnya.

Demi lancarnya kegiatan tersebut, Ia juga menjadikan pengalaman penyelenggaraan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX lalu dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dilapangan. Begitu pula dalam segi pengamanan dan sistem perparkiran, serta rekayasa lalu lintas, mengingat situasi dan lokasi dari Stadion Mandala berbeda dari stadion sebelumnya.

Sekitar total 3.500 penonton yang terdiri atas 1.000 orang penonton umum, 1.000 orang penonton dari atlet, serta 1.500 orang undangan VIP dan VVIP (termasuk media) akan menyaksikan secara langsung upacara pembukaan Peparnas XVI Papua 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini