5 Juta Unit Rumah Murah Siap Dibangun Pemerintah Jokowi Hingga 2024

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebanyak lima juta unit rumah siap dibangun oleh pemerintah Jokowi-Ma’ruf untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam RPJMN 2020-2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan di dalam RPJMN 2020-2024 setidaknya ada 70 persen masyarakat yang harus memiliki akses terhadap perumahan dan pemukiman laik. Paling tidak rumah tersebut memiliki rasa aman serta terjangkau oleh masyarakat khususnya MBR.

“Di dalam target RPJM itu target kita adalah lima juta unit rumah,” kata dia dalam acara Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Sektor Perumahan, Senin 28 Desember 2020.

Dia merincikan dari dari target lima juta unit rumah tersebut terdiri dari subsidi perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) sebanyak 900 ribu unit. Kemudian Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) 100 ribu perunit.

Selanjutnya untuk Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) khusus ASN, TNI dan Polri sebanyak 500 unit. “Tapera ini akan mulai beroperasi pada tahun 2021 sebanyak 500.000 unit tadi dikhususkan untuk ASN dan TNI Polri,” katanya.

Kemudian penyediaan dari Sarana Multigriya Finansial (SMF) 50 ribu unit dan kolaborasi pemerintah melalui pusat, daerah, swasta, dan masyarakat mencapai 3,5 juta unit.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan update penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Sejuta Rumah.

Hingga pertengahan Desember 2020, realisasi capaian pembangunan program Sejuta Rumah telah mencapai 856.758 unit di seluruh Indonesia.

capaian program Sejuta Rumah sebanyak 856.758 unit tersebut terbagi menjadi dua, yakni pembangunan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 661.715 unit dan rumah untuk non-MBR sebanyak 195.043 unit.

Pada kegiatan pembangunan tersebut, presentase rumah untuk MBR adalah sebanyak 77 persen dari total capaian sedangkan sisanya sebanyak 23 persen adalah rumah untuk non-MBR.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini