5 Fase Pemulihan BUMN ala Erick Thohir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan lima fase pemulihan kegiatan di lingkungan perusahaan plat merah dalam waktu dekat.

Kelima fase ini akan dijalankan mulai 25 Mei 2020, seperti tertuang dalam Surat Menteri BUMN Nomor: S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.

Berikut kelima fase tersebut:

Fase Pertama (25 Mei 2020)

Kegiatan sektor industri dan jasa diminta untuk membuka layanan cabang dengan pembatasan kapasitas serta jam masuk. Disusul pembukaan pabrik, pembangkit, serta hotel dengan sistem shifting. Mall juga boleh buka, namun dilarang membuat kerumunan massa.

Untuk BUMN sektor kesehatan, dalam fase pertama ini beroperasi penuh sesuai kapasitas sistem kesehatan.

Fase Kedua (1 Juni 2020)

Sektor jasa ritel seperti mall dan toko boleh dibuka kembali. Namun, dengan pembatasan jumlah pengunjung dan jam buka, serta menjalankan protokol kesehatan ketat.

Untuk sektor industri dan jasa, pelaksanaannya tetap mengacu pada fase pertama. Namun diperbolehkan berkumpul di area terbuka sesuai dengan batasan jarak orang 2 meter dan kapasitas area dengan maksimum 20 orang.

Fase Ketiga (8 Juni 2020)

Sektor jasa wisata bisa berjalan kembali, menyusul pembukaan tempat-tempat wisata nantinya, tentu dengan meminimalisir kontak fisik dan jumlah pengunjung, serta pemakaian masker.

Sementara sektor jasa pendidikan juga mulai dibuka. Hanya saja, diatur jumlah siswa dan jam masuknya menggunakan sistem shifting.

Fase Keempat (29 Juni 2020)

Dilakukan pembukaan kegiatan ekonomi untuk seluruh sektor sesuai dengan kondisi fase ketiga dengan tambahan evaluasi untuk penambahan kapasitas operasi menuju normal dengan protokol kesehatan ketat dan mematuhi kriteria penyebaran pandemi masing-masing daerah serta kejadian terduga corona dalam area.

Restoran, kafe dan fasilitas kesehatan juga akan dibuka, dengan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk juga tempat ibadah, perjalanan dinas dan urgensi lainnya.

Fase kelima (13 dan 20 Juli 2020)

Erick akan melakukan evaluasi fase keempat untuk semua sektor dan pembukaan kegiatan ekonomi lainnya menuju skala normal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini