5-10 Januari 2020, BMKG Prediksi Wilayah di Jabodetabek Alami Hujan Ekstrim

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hujan ekstrim bakal melanda di beberapa wilayah di Jabodetabek periode 5-10 Januari 2020. Hal ini diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Cuaca ekstrim itu diakibatkan dari masuknya aliran basah di sepanjang garis equator dari arah Samudera Hindia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan dari data terakhir analisis BMKG, diperkirakan atau diprediksi tanggal 5-10 Januari ini akan masuk aliran udara basah, dari arah Samudra Hindia di sebelah barat Pulau Sumatera, di sepanjang ekuator.

“Jadi jalur masuknya itu di sepanjang ekuator, sehingga dampaknya meningkatkan intensitas curah hujan di musim hujan ini dapat menjadi ekstrim lagi,” ujarnya, Kamis 2 Januari 2020.

Dwikorita menyebut potensi hujan esktrim akan terjadi di wilayah bagian barat Sumatera hingga Pulau Jawa. Termasuk Jabodetabek.

“Jadi potensi hujam ekstrim, akan terjadi lagi, diperkirakan antara 5-10 Januari di wilayah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi sampai Lampung, termasuk Jawa, tentunya Jabodetabek juga termasuk didalamnya,” katanya.

Aliran basah tersebur jelas Dwikorita akan berjalan ke arah selatan. Sehingga menurutnya hujan ekstrim juga akan terjadi secara bergantian di wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada tanggal 10-15 Januari 2019.

“Kemudian tgl 10-15 dia bergerak ke Kalimantan Selatan, lalu ke Sulawesi bagian selatan dan tenggara. Jadi fenomena ini dapat meningkatkan kembali intensitas curah hujan,” katanya.

Dwikorita mengatakan siklus aliran basah ini terjadi berulang di musim hujan. Diperkirakan akan terjadi juga di bulan Februari.

“Fenomena ini siklus, diprediksi akan terulang lagi di akhir Januari sampai awal Februari, jadi biasanya 3-5 hari, dan diprediksi lagi terjadi di pertengahan Februari. Sehingga periode tersebut tentunya perlu diantisipasi secara lebih dini disiapkan mitigasinya,” katanya.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini