44 Ribu Orang Terjangkit Wabah Deman Berdarah, 66 Meninggal Dunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pejabat kesehatan lokal, Pakistan merilis, dimana ada sekitar 44.000 orang terinfeksi deman berdarah dengue (DBD) sepanjang tahun ini. Angka itu merupakan rekor tertinggi sejak 2011 dengan 27.000 orang terinfeksi.

Mewabahnya penyakit yang dibawa nyamuk tersebut dipicu meningkatnya suhu dan curah hujan yang tak menentu di Pakistan serta bagian lain Asia.

Pejabat Senior Badan Kesehatan Nasional Pakistan (NIH), Rana Safdar mengatakan, sudah 66 orang tewas pada wabah tahun ini, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis 7 November 2019.

Angka itu relatif jauh lebih rendah dengan fenomena serupa pada 2011 lalu yang menewaskan 370 orang. Namun, cukup mengkhawatirkan mengingat tingginya angka orang yang terjangkir.

Safdar menyalahkan perubahan iklim untuk lonjakan itu. Pemerintah telah menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk mengatasi masalah tersebut.

Jumlah pasien deman berdarah tertinggi tercatat di ibukota, Islamabad, dan kota tetangga Rawalpindi, di mana 12.433 orang ditemukan terinfeksi virus, dengan 22 kematian.

Provinsi selatan Sindh memiliki 10.142 kasus dan 26 kematian, menurut data NIH yang dibagi dengan outlet media setempat, Dawn. Ada 9.260 kasus di Punjab, provinsi terpadat.

Dr Mahseema Siddique, dokter lokal yang merawat pasien DBD menyalahkan pemerintah atas meningkatnya kasus, dengan mengatakan pemerintah setempat di Punjab dan Islamabad, khususnya, gagal untuk mengambil tindakan pencegahan seperti menutupi tempat penampungan air atau menyemprotkan bahan kimia anti-demam berdarah.

“Mereka bergerak hanya setelah ratusan orang terinfeksi dan itu sudah terlambat. Ada sejumlah besar daerah di mana tim semprotan tidak bisa datang,” katanya.

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini