Ilustrasi warga Korsel disuntik Vaksin Flu
Ilustrasi warga Korsel disuntik Vaksin Flu

MATA INDONESIA, JAKARTA-36 orang di Korea Selatan meninggal dunia diduga karena vaksinasi influenza. 11 kematian baru dilaporkan pada Jumat 23 Oktober 2020 dimana korban meninggal berusia antara 17 hingga 70 tahun.

Remaja berusia 17 tahun adalah yang pertama dilaporkan meninggal selama kampanye pemerintah untuk memvaksinasi sekitar 30 juta dari populasi 52 juta demi mencegah komplikasi virus corona, menurut laporan Reuters, 23 Oktober 2020.

Kekhawatiran atas suntikan vaksin flu musiman semakin meningkat menyusul bertambahnya korban jiwa.

Meskipun tidak ada hubungan yang dikonfirmasi antara kematian dan vaksin flu baru-baru ini, ketakutan publik meningkat di Korea Selatan atas program penyuntikan vaksin flu.

Badan forensic Korea Selatan mengatakan tidak menemukan hubungan langsung antara kematian seorang anak laki-laki berusia 17 tahun, kasus kematian pertama yang dilaporkan setelah mengikuti program vaksinasi flu.

Otoritas kesehatan Korea Selatan telah menegaskan kembali bahwa program vaksinasi flu musiman yang diprakarsai oleh negara akan terus berlanjut, dengan alasan tidak ada hubungan langsung antara vaksinasi flu dan kematian.

“Penghitungan yang dilaporkan hanya menghitung kematian setelah vaksinasi, dan itu tidak berarti kematian disebabkan oleh suntikan vaksin flu,” kata KDCA.

Beberapa kota baru-baru ini memerintahkan lembaga medis di wilayah mereka untuk sementara waktu menghentikan vaksinasi influenza menyusul kasus kematian baru-baru ini.

Korea Selatan telah mendorong skema vaksinasi influenza gratis untuk menyuntik sekitar 19 juta orang, termasuk remaja dan warga lanjut usia.

KDCA mengatakan penyelidikan menyeluruh sedang dilakukan untuk menemukan penyebab pasti dari kematian baru-baru ini, serta penyelidikan epidemiologi, termasuk autopsi terhadap sembilan kasus.

Program vaksinasi gratis yang diperluas tahun ini dalam upaya mencegah potensi “twindemic” selama musim dingin, melibatkan lima produsen obat besar termasuk GC Pharma dan Ilyang Pharmaceutical Co.

Pakar kesehatan setuju bahwa orang harus menerima suntikan vaksin flu sebelum musim influenza tiba karena lebih banyak kematian dapat terjadi akibat komplikasi serius yang dipicu oleh flu, seperti pneumonia.

Sekitar 3.000 kematian terkait komplikasi flu dilaporkan setiap tahun di Korea Selatan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here