3 Stadion Jadi Lokasi Tes Corona Massal di Jawa Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tiga stadion di Jawa Barat (Jabar) ditetapkan oleh Gubernur Ridwan Kamil sebagai lokasi tes virus corona secara massal yang rencananya dimulai besok, Senin 22 Maret 2020.

Tiga stadion itu antara lain Stadion Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Pakansari (Bogor), dan Si Jalak Harupat (Bandung).

Stadion Patriot Candrabhaga untuk tes warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Sedangkan, Stadion Pakansari untuk tes massal warga Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor. Terakhir, stadion Si Jalak Harupat untuk warga Bandung dan sekitarnya.

“Rapid test ini per hari minggu ini barangnya belum ada, sudah dijanjikan oleh pemerintah pusat akan hadir di Kota Bandung besok. Rapid test ini ngetesnya dengan darah,” kata dia.

Menurut dia, yang bakal dites secara massal pada tahap pertama adalah orang dalam pemantauan (ODP) berikut 50 orang terdekat, kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) berikut 50 orang terdeket, begitu pula dengan 50 orang terdekat dari orang yang positif.

“Kriteria kedua adalah petugas kesehatan yang bekerja di unit kesehatan, dan ketiga adalah mereka yang profesinya banyak berinteraksi dengan sosial, pak lurah, pak camat, kyai, ulama,” ujarnya.

Setelah tahap pertama rampung, masuk ke tahap kedua seiring dengan alat mengetes datang lebih banyak. Mereka adalah orang yang melaporkan diri dengan gejala mirip corona, tentunya melalui verifikasi yang telah disiapkan.

“Tidak semua dites. Di Korea Selatan saja, dari 45 juta penduduknya sebagai negara paling canggih tes massalnya, hanya 200 ribu yang dites. Ini harus diclearkan, ada screaning, ada verifikasi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini