3 Kelemahan Senapan Legendaris AK-47 yang Wajib Kamu Ketahui!

Baca Juga
MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak yang mengira jika senapan AK-47 begitu sempurna untuk bertempur di medan perang. Tak salah jika saat ini ada sekitar seratus juta senapan Kalashnikov yang diproduksi secara resmi di 55 negara di seluruh dunia.
Namun angka itu baru yang terdaftar secara resmi, belum termasuk yang memiliki senjata ini secara ilegal, seperti para gerilyawan, teroris dan kartel obat bius Amerika Latin.
Meski kerap diandalkan ternyata senjata ini memiliki tiga kelemahan, antara lain:

Rekoil

Kelemahan pertama yang dimiliki AK-47 adalah rekoil atau hentakan ketika ditembakan. Berbeda dengan pesaing-pesaing utamanya (AR-15 Amerika dan H&K 416 Jerman), rekoil AK-47 jauh lebih besar.

“Rekoil platform AR-15 jauh lebih rendah daripada AK. Hentakan senjata itu mengenai tepat pada bahu. Artinya, dorongan senapan saat menembak lebih kecil,” kata seorang petugas keamanan yang menolak diberitahukan namanya kepada Russia Beyond.

Kustomisasi

Dari segi kustomisasi, dibandingkan AR, platform AK kurang bisa dikustomisasi. Karena pilihan (ukuran) popor, pegangan, alat bidik, dan aksesori lainnya untuk senapan asing jauh lebih besar daripada AK-47.

Menurutnya, pelatuk senapan, khususnya, perlu disesuaikan. Ibarat kopling pada mobil — semakin sensitif, semakin efisien pula serangan Anda dalam pertempuran.

Akurasi

Eugene Stoner, seorang perancang dan pencipta senapan M16 Amerika, memperpanjang laras senapannya demi membuat senjata tersebut lebih akurat menyasar target jarak jauh. Ia juga memilih selongsong peluru dengan kaliber yang lebih kecil yakni 5,56 mm, dibandingkan dengan AK-47 — 7,62 mm, untuk meningkatkan akurasi tembakan.

“Rusia akhirnya mengikuti cara ini, tetapi baru pada 1970-an untuk senapan AK-74,” kata Vadim Kozyulin, seorang profesor di Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Rusia.

Dengan begitu, selongsong peluru M16 yang ringan mampu melesat hingga kecepatan 900 m/s, tanpa kehilangan energi kinetik atau gaya balistiknya.

4 KOMENTAR

  1. Haris dipahami AK 47 adalah senjata serbu segala cuaca dan mudah serta murah diproduksinya, dibanding Colt atau HK di medan tempur lebih berguna AK 47 karena kemudahan perawatan dan kemampuannya digunakan dalam kondisi terburuk sekalipun, bukti keunggulan AK pada masa perang vietnam dimana M16 atau HK banyak bermasalah di medan tempur….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini