3 Fokus Bahasan Presidensi G20 Tahun 2022 Sektor Pertanian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada tiga fokus bahasan yang akan dibawa Kementerian Pertanian dalam Kelompok Kerja Bidang Pertanian Presidensi G20 atau Agriculture Working Group (AWG).

Tiga isu prioritas tersebut ialah,

  • Pertama membangun sistem pangan dan pertanian yang tangguh dan berkelanjutan.
  • Kedua, mempromosikan perdagangan pangan yang terbuka adil dapat diprediksi dan transparan.
  • Ketiga, mendorong bisnis pertanian yang inovatif melalui pertanian digital untuk memperbaiki kehidupan pertanian di wilayah pedesaan.

Ketiga prioritas itu dalam satu tema yaitu ‘Balancing Production and Trade to Fulfil Food for All’.

“Kami berharap para menteri pertanian di negara G20 dapat menyepakati komitmen bersama untuk memastikan keseimbangan jaminan pasokan pangan nasional. Yang berasal dari sumber produksi pertanian dalam negeri. Dan jaminan kelancaran perdagangan pangan dan pertanian lintas batas negara untuk menjamin kecukupan pangan bagi kita semua,” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam Kick Off Ceremony Agriculture Working Group, Kamis 27 Januari 2022.

Syahrul menyatakan ketahanan pangan harus tetap menjadi isu sentral dalam seluruh rangkaian pertemuan G20 kelompok kerja bidang pertanian.

Pasalnya dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda global, telah menciptakan tantangan terhadap ketahanan pangan dan nutrisi. Ini akibat pembatasan pergerakan barang dan jasa, baik di tingkat lokal, regional maupun global.

“Jalur logistik dan sistem distribusi pangan juga terdampak sangat serius. Sementara itu beberapa negara menerapkan kebijakan proteksi melalui stok nasional. Yang berdampak pada ketidakseimbangan sistem pangan global,” ujarnya.

Kemudian pada tingkat nasional hal tersebut dinilai telah menyebabkan tingkatan risiko pada akses pangan dan nutrisi, terutama bagi penduduk miskin di desa dan di daerah perkotaan.

Serta pada tingkat global hal ini juga memperparah ketahanan pangan dan nutrisi negara berkembang dan negara-negara terbelakang lainnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini