3 Daerah Ini Jadi Opsi Tempat Pembangunan RS Khusus Penyakit Menular

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah memiliki banyak opsi pulau untuk dijadikan tempat mendirikan RS khusus penyakit menular, seperti wacana yang berkembang belakangan ini menyusul merebaknya virus corona.

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut, ada tiga opsi paling memungkinkan untuk mendirikan RS tersebut, yakni Natuna, Talaud dan Morotai.

“Di mana saja, Natuna, Sangir Talaud, Morotai. Banyak sih, tadi ada sampai 7 opsi gitu,” kata Mahfud di Banjarmasin, Jumat 7 Februari 2020.

Namun, tak asal-asalan dibangun. Sebelum mendirikan RS tersebut, Mahfud menegaskan syaratnya haruslah berada dekat dengan bandara dan pangkalan militer untuk proses evakuasi yang cepat, juga jaraknya dari pemukiman menjadi perhatian khusus.

Mahfud mengatakan opsi lain yang akan ditentukan pemerintah adalah bisa menggunakan pulau yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Menurutnya, Indonesia memiliki lebih dari 100 pulau kosong yang bisa dijadikan opsi.

“Keputusan rapat kami belum tentu di suatu pulau. Karena itu bisa diletakkan di suatu pulau yang sudah berpenghuni, belum tentu di suatu pulau yang kosong,” ujar Mahfud.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini