25 Ribu TNI/Polri Bakal ‘Amankan’ ke Ibu Kota Baru

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan pemerintah akan memindahkan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri jumlahnya, sekitar 25 ribu orang.

“TNI Polri sekitar 25 ribu yang ada di sana, karena Mabes Polri ikut pindah. Sedangkan untuk PNS sekitar 180 ribu pejabat,” kata Bambang.

Tidak hanya pemerintahan yang pindah. Nantinya, DPR akan menempati ibu kota baru di Kalimantan Timur. Semua bakal migrasi, mulai pejabatnya eksekutif, legislatif, yudikatif, Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung.

Rencananya ibu kota baru di Kalimantan Timur akan didesain untuk menampung 1,5 juta penduduk dan akan dibangun di atas lahan 40 ribu hektar (ha). Namun, untuk tahap awal yang akan dibangun ialah 6.000 ha, lahan itu untuk aktivitas pemerintahan.

“Isinya adalah istana, gedung DPR, seluruh kantor kementerian, plus perumahan dinas ASN,” ujarnya.

Khusus rumah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS Bambang menyebut desainnya ialah hunian vertikal. Dia bilang, di ibu kota baru tidak lagi menggunakan istilah rumah dinas tapi rumah susun dinas atau apartemen dinas.

 

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini