23 Desember, Jokowi Umumkan Desain Ibu Kota Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menyaksikan langsung presentasi lima desain ibu kota baru hasil sayembara di Istana Negara, Jumat 20 Desember 2019. Namun, Jokowi belum memberi sinyal, kapan pemenang yang desainnya bakal dipakai akan diumumkan.

Disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang masuk sebagai salah satu dari 13 juri, Presiden Jokowi menyukasi semua desain yang sudah dipresentasikan.

“Pokoknya desain yang disukai presiden keren banget. Pilihan presiden saya kira luar biasa,” kata Ridwan Kamil melalui keterangan tertulis.

Kang Emil menyebut, pengumuman pemenang sayembara desain ibu kota negara akan dilakukan pada 23 Desember 2019. Pemenang sayembara ditentukan melalui rekomendasi dewan juri dan arahan Presiden Jokowi.

Ia berkata, ada empat syarat yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan desain ibu kota negara. Kota ini harus tidak bermasalah, kedua harus punya identitas sejarah.

Selain itu, Kang Emil menegaskan ibu kota negara harus kontekstual. Artinya, merespons alam, terlebih wilayah yang dipilih untuk menjadi ibu kota baru Indonesia adalah daerah tropis. Karena dipilih di kawasan Kalimantan, maka rawa-rawa, sungai, gunung, bukit harus dimasukkan sebagai unsur dalam membuat kotanya.

“Orang bisa berjalan kaki, isu lingkungan, smart city, dan lain-lain. Gabungan itu semua harus ada di desain si pemenang itu,” ujar Emil.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini