16 Juta Blanko KTP-El Siap Disebar Kemendagri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebanyak 16 juta keping blanko hasil pengadaan awal tahun ditambah sisa Desember 2019 bakal disebarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Untuk itu, Mendagri Tito Karnavian meminta Disdukcapil tidak lagi mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP-el bagi warga yang datanya telah Print Ready Record (PRR).

“Segera cetakan KTP-el karena itu merupakan kepentingan publik, kepentingan rakyat,” kata Tito.

Ia mengatakan kesiapan untuk terus menyediakan blangko KTP-el. Sebagai langkah antisipasi di tahun ini, dirinya berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengenai penambahan anggaran blangko KTP-el.

Sementara itu, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, meyakinkan daerah tidak perlu takut menggenjot tunggakan PRR yang dimilikinya.

“Setiap warga yang telah melakukan perekaman segera dicetakan KTP-elnya, baik itu yang baru merekam, PRR, atau yang selama ini masih mengantongi Suket,” katanya.

Ia juga mengimbau agar Dinas Dukcapil di daerah segera menggalakan kembali layanan jemput bola. Hal itu dilakukan guna menjaring wajib KTP-el yang belum merekam.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini